Trik unlock Redmi Note 3 dari Child Mode


Bingung karena tidak bisa keluar dari Child mode (mode anak-anak)? Setting tak berfungsi di Child mode? Browser terkunci di Child Mode? Sudah cari cara membuka Child mode Xiaomi Redmi Note 3 di tempat lain tapi belum bisa juga? Begini cara yang 100% work untuk kasus saya:

Xiaomi Redmi Note 3 adalah hape yang menawan dan kaya fitur dengan harga murah, tentu banyak yang tergoda memilikinya. Tapi sayang, terdapat bug yang sangat mengesalkan yang sejak generasi sebelumnya (redmi 2) sudah ada tapi sampai sekarang masih belum diperbaiki oleh Xiaomi di versi ROM pabrikan yang ada hingga saat tulisan ini dibuat, yakni ketika anda mengaktifkan fitur Child Mode (mode anak-anak) yang berfungsi untuk mencegah anak-anak mengakses aplikasi yang tidak kita inginkan. Ini sangat berguna, tapi bila dilakukan maka anda bisa terjebak di sana selamanya tanpa bisa keluar lagi sebab tombol x (keluar) dari mode ini tidak bisa berfungsi dengan benar.

Bila sudah mengalami hal ini, maka ingin rasanya hape Redmi Note 3 yang kita punya dilempar ke tempat sampah karena saking jengkelnya. Dicari solusinya di internet juga tak banyak gunanya karena banyak cara yang gagal untuk kebanyakan orang sebab mereka juga mengunci browser bawaan. Ada yang menyarankan untuk melakukan flash dengan langkah-langkah yang rumit dan menakutkan untuk kebanyakan orang, apalagi secara default bootloader Redmi Note 3 terkunci sehingga menambah rumit prosedur yang harus dilewati.
Tapi tenang saja, saya sudah mencoba cara yang 100% Works untuk unlock (membuka kunci) mode anak-anak di Redmi Note 3 tanpa menggunakan aplikasi apapun, apalagi pakai flash segala. Begini caranya:

  1. Aktifkan Plane Mode (mode pesawat) dengan cara menekan lama tombol Power lalu tekan Plane Mode hingga keluar lambang pesawat yang menandakan hape anda tak menerima sinyal lagi.
  2. Matikan layar memakai tombol Power
  3. Hidupkan layar lagi dengan tombol Power (jangan memakai Fingerprint)
  4. Ketika muncul layar kunci, Tekan tombol Emergency di bagian bawah layar.
  5. Tekan 122 lalu panggil. Panggilan ini akan berakhir kira-kira 1-2 detik, jadi pastikan anda perhatikan langkah berikutnya.
  6. Sewaktu panggilan dilakukan, di Layar akan muncul opsi panggilan yang berisi berbagai macam tombol. Secepatnya tekan tombol Contacts di bagian pojok kiri layar. Pastikan anda berhasil menekan tombol Contacts tersebut, bila tidak berhasil silakan ulangi langkah ini sampai berhasil menekan tombol contacts. Setelah tombol berhasil ditekan, biasanya tak terjadi apa-apa, malahan layar akan terkunci lagi.
  7. Buka kunci layar dengan Fingerprint
  8. Bila langkah nomor 6 berhasil, maka Anda akan berada di layar Contacts sekarang. Di bagian paling atas anda akan melihat dua tombol, yakni tombol Recents dan Contacts. Silakan usap layar ke bawah hingga di bawah kedua tombol tersebut muncul tombol baru lagi yang hanya muncul bila layar diusap ke bawah dan hilang lagi bila layar diusap ke atas. Tombol ketiga ini tulisannya bisa macam-macam tergantung setting hape anda, dalam kasus saya tulisannya “1 Contact”. Klik tombol tersebut.
  9. Bila onar, maka akan muncul layar sync Xiaomi account. Di bagian atas tengah (di bawah tulisan besar bertuliskan **GB/** GB) ada tombol Network
  10. Klik tombol Network tersebut dan tadaaaa….. anda berhasil sampai ke menu Settings. Dari sini anda bisa scroll ke bawah dan menon-aktifkan Child mode yang mengjengkelkan itu.

 

Kesimpulannya, anda hanya harus sampai ke menu setting agar bisa menon-aktifkan mode anak-anak. Caranya bisa macam-macam, bila browser bawaan tidak terkunci, maka caranya bisa jauh lebih cepat. Tapi bila browser juga terkunci, maka urusannya lain. Tapi untunglah cara di atas bisa dipakai.

Sekian dulu, semoga bermanfaat mengobati kegalauan anda yang mungkin mengalami hal serupa.

Asli

Perihal Abdul Wahab
Lecturer, Writer and Chief of Aswaja Center Jember.

2 Responses to Trik unlock Redmi Note 3 dari Child Mode

  1. ahmad hiday mengatakan:

    buat redmi 2 prime gimana

  2. Uwien Budi mengatakan:

    Terima kasih artikelnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s