Perbarui Maktabah Syamilah Anda


Tampilan versi 3.51

Tampilan versi 3.51

Sudah ter-update-kah Maktabah Syamilah Anda? Mungkin belum. Kebanyakan pemakai Maktabah Syamilah tidak peduli dengan versi Maktabah mereka karena dikira semua sama saja. Ada juga yang mengira versi yang dipakainya sudah paling up to date karena ukurannya yang fantastis puluhan gigabyte, padahal kenyataannya itu versi kuno yang sangat tidak canggih. Banyak juga yang tidak mengerti bahwa sebenarnya Maktabah Syamilah punya banyak kelebihan yang tidak dimiliki program lain.

Sebelum dilanjutkan, bagi  yang masih tidak kenal dengan Maktabah Syamilah, silakan baca ini:

Saat tulisan ini  dibuat, versi terbarunya adalah 3.51. Versi inilah yang saya sarankan untuk saat ini. Lalu kenapa harus di-update? Jawabannya karena fitur-fitur Syamilah yang baru akan sangat memudahkan penelitian anda. Pada versi Maktabah Syamilah yang lama, sebenarnya beberapa  fitur itu sudah ada, tapi tidak berfungsi maksimal. Berikut ini adalah fitur-fitur Syamilah yang sangat hebat tapi kurang banyak dikenal oleh pemakainya yang sekaligus menjadi alasan kenapa anda harus meng-update-nya.

  1. Data pengarang beserta kitab-kitab karyanya. شاشة المؤلفين (panel pengarang) adalah panel yang bisa menampilkan seluruh daftar ulama yang kitabnya tersedia dalam database Syamilah resmi. Pada Syamilah kuno, daftar ini tidak lengkap dan kitab-kitabnya tidak terintegrasi dengan pengarangnya sehingga tidak muncul dalam daftar. Dalam panel tersebut, ada informasi tentang:
    • Biografi pengarang, termasuk tahun kelahiran dan tahun wafat. Informasi ini tentu penting bagi peneliti akademis.
    • Daftar kitab masing-masing pengarang. Ini memudahkan kita untuk mencari kitab berdasarkan nama pengarangnya karena seringkali kita lupa judul sebuah kitab tapi ingat siapa pengarangnya. Tapi kelengkapan daftar kitab ini tergantung dari ter-update atau tidaknya koleksi Syamilah anda.
    • Kartu buku (بطاقة) masing-masing kitab.

    Seperti ini gambarnya. Klik gambar untuk memperbesar.

    Daftar pengarangItu adalah data pengarang yang bernama Ibnu Hajar al-Asqalani, seorang pakar hadis terkemuka. Dalam database saya terlihat ada 43 karangannya, lengkap dengan data masing-masing kitab.

  2. Kartu buku (بطاقة الكتب). Kartu buku memberikan informasi tentang hal-hal berikut:
    • Data publikasi buku, meliputi nama lengkap pengarang beserta tahun wafatnya, judul lengkap kitab, penerbit, tahun penerbitan, jumlah volume, pen-tahkik (editor), keterangan cocok atau tidaknya versi kitab tersebut dengan halaman versi cetak. Tentu saja ini adalah informasi paling vital bila anda mau menggunakan Maktabah Syamilah sebagai rujukan karya ilmiah.
    • Data biografi singkat pengarang.
    • Informasi tambahan tentang kitab yang dimaksud bila ada, misalkan adanya ambiguitas judul kitab atau lain-lain.

    Pada versi lama, kartu buku hanya menyediakan sedikit informasi sehingga tidak dapat digunakan sebagai rujukan ilmiah. Bahkan ada juga yang tidak menyediakan informasi apapun. Begini tampilannya:

    kartu1kartu2

  3. Stempel Resmi Syamilah (ختم). Pada versi lama, tidak dibedakan antara kitab yang resmi terbitan Maktabah Syamilah dan kitab hasil sumbangan perorangan (tidak resmi). Kitab resmi terbitan Maktabah Syamilah mempunyai beberapa kelebihan, antara lain:
    • Tidak bisa diedit oleh pengguna. Ini penting untuk menjaga validitas dan autentisitas sebuah kitab. Adapun kitab hasil sumbangan perorangan (إضافة المستخدمين) bisa diedit secara bebas sehingga tidak ada jaminan validitas dan autentisitasnya. Kitab yang resmi hanya bisa diedit bila stempelnya dibuang.
    • Lebih tepercaya. Terbitan resmi diedit oleh para professional kata demi kata, halaman demi halaman sehingga keakuratan teksnya jauh lebih baik. Adapun kitab tidak resmi tidak menjamin ini, bahkan ada yang hasil scan sehingga banyak terdapat salah kata.
    • Kitab matan kebanyakan sudah dintegrasikan dengan kitab syarah. Jadi, ketika misalnya anda membuka Shahih Bukhari, maka hanya dengan mengklik tombol Syarah (شرح) kitab syarah Bukhari bisa langsung ditampilkan sesuai hadis yang sedang anda baca. Tentu saja, anda dapat memilih kitab Syarah yang mana yang anda kehendaki. Adapun pada versi kitab tidak resmi, biasanya anda harus mencari manual kitab syarahnya dan hadis yang dimaksud.
    • Pada kitab setingkat Syarah atau Hasyiyah, disebutkan juga matannya sehingga anda tahu jalur komentarnya tanpa harus membuka dua kitab.
    • Hampir semua kitab resmi mempunyai daftar isi lengkap sedangkan kitab tidak resmi rata-rata tidak punya daftar isi.
    • Hanya kitab terbitan resmi berstempel (مختومة) yang layak dijadikan acuan dalam karya tulis akademik yang mengatasnamakan Maktabah Syamilah.
      Begini tampilannya:
      keterangan syamilah
  4. Fitur PDF. Syamilah yang baru mengaitkan kitab yang dibaca dengan kitab versi PDF. Bila anda belum punya versi PDF-nya, maka tersedia tautan di mana anda dapat mendownloadnya. Kadang banyak alasan kita merasa butuh melihat kitab versi pdf-nya, terutama untuk kitab-kitab kuno atau kitab-kitab yang menjadi ajang polemik  hebat karena beberapa catatan kaki di edisi cetak tidak ditemui di edisi Syamilah.
    Pada versi lama, kadang fitur PDF ini mengacu pada file yang tidak tepat karena lain penerbit sehingga halaman kitabnya berbeda dengan halaman yang ditampilkan dalam Syamilah
  5. Profil tokoh (ترجمة) lebih lengkap. Pada penelitian hadis, profil tokoh dalam sanad sangat penting, tapi juga sulit bila dicari manual. Fitur Tarjamah (profil) dalam Syamilah yang baru terintegrasi dengan lebih banyak kitab profil. Pada edisi lama, hanya beberapa kitab saja (umumnya Ruwat al-Tahdzibain dan beberapa yang lain) sehingga sering tidak ditemukan profil yang diteliti.
  6. Daftar kitab diakhiri tahun wafat pengarangnya. Ini sangat memudahkan untuk pemetaan sejarah. Pada versi lama tidak ada fitur ini.
  7. Daftar kitab dikelompokkan berdasarkan cocok tidaknya dengan versi cetak. Ini untuk kepentingan kutipan akademik.
  8. Komentar terhadap kitab (ta’liq) lebuh jelas; ditulis dengan garis pemisah, warna berbeda dan ukuran font yang berbeda pula. Pada versi lama, komentar dan isi kitab hanya dibedakan dengan garis kecil sehingga kurang jelas.
  9. Live Update (الترقية الحياة) lebih lengkap. Pada edisi terbaru saat tulisan ini dibuat (versi 3.51), database live update sudah dibuat lengkap meliputi seluruh kitab resmi terbitan Syamilah. Pada Syamilah di bawah  versi 3.5, live update hanya mendeteksi kitab resmi Ishdar Tsani (EDISI II) saja dan mengabaikan terbitan edisi pertama (yang kebanyakan diterbitkan pada tanggal 14 November 2010). Akibatnya, meski daftar kitab sudah diunduh semua hingga tak tersisa, masih terdapat ribuan kitab yang tidak masuk database. Akibatnya, perlu waktu lama untuk melengkapinya karena semua harus diunduh manual lalu diimpor (استيراد) secara manual pula.
    Manfaat terpenting dari fitur baru ini adalah saat kita mengunduh aplikasi Syamilah kosong, daftar kitab yang bisa diunduh bisa langsung lengkap seperti yang tertera di situsnya.
  10. Pada kitab-kitab edisi baru terdapat editing yang lebih baik. Kebanyakan sudah bersyakal dan mempunyai bab lengkap. Beberapa kitab yang dulu isinya kurang lengkap kini sudah dilengkapi, bahkan ada yang tambahannya beberapa juz. Ada juga kitab-kitab yang dulunya ditulis dengan judul populer saja, kini sudah memakai judul resminya sekaligus tetap menyertakan judul populernya.

Itulah di antara alasan-alasan kenapa anda harus meng-update Syamilah anda. Update yang dimaksud ada dua macam, ada update programnya, dan ada update isinya. Keduanya harus dilakukan secara berkala.

Sebagai catatan: Jangan mengukur kelengkapan Syamilah dengan bobotnya di Hard Disk karena itu tidak akurat. Banyak yang berkata, saya punya yang belasan Giga atau puluhan Giga, itu bukan jaminan bahwa itu lengkap karena yang sering terjadi adalah data di Hard Disk-nya ternyata double antara installer dan applikasinya sehingga ukurannya membengkak. Kelengkapan Syamilah diukur melalui jumlah koleksi kitabnya dan versi aplikasinya.

Sekedar Info, sampai tulisan ini dibuat, kitab resmi Syamilah hanya 6.111 kitab saja. Kalau lebih dari itu hingga puluhan ribu kitab, berarti kebanyakan adalah kitab tidak resmi yang punya banyak kekurangan seperti yang saya sebut di atas. Biasanya, kebanyakan kitab-kitab tidak resmi itu punya banyak duplikasi di Syamilahnya sehingga menambah ukuran file. Ada juga yang ternyata isinya bukan kitab semua, melainkan penuh artikel-artikel diskusi di forum-forum berbahasa Arab di Internet sehingga seolah punya koleksi banyak sekali kitab. Tapi itu hak anda untuk memakai versi mana pun yang sesuai kebutuhan, saya hanya memberi info karena banyak teman yang tidak sadar akan hal ini dan akhirnya mereka kecewa karena meskipun ukuran miliknya fantastis tapi tetap iri pada koleksi saya yang lebih sedikit tapi lengkap dan berkualitas.

Lalu bagaimana cara updatenya? itu saya tulis di posting lain saja, tapi tidak jauh beda dengan apa yang dulu saya tulis di situs ini. Soal cara menggunakan Maktabah Syamilah, silakan lihat ini.

Semoga bermanfaat.

Karya Asli Abdul Wahab

Perihal Abdul Wahab
Lecturer, Writer and Chief of Aswaja Center Jember.

One Response to Perbarui Maktabah Syamilah Anda

  1. Muhammad Tamim mengatakan:

    Barakallahu fik…
    .
    Tetap istiqamah gus, memperjuangkan kebenaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s