Rukyah Hilal Ramadhan 2012 Via PC


Mungkin judul ini terdengar aneh, rukyah hilal kok dengan PC! Tapi ini benar, situswahab kali ini mengajak anda merukyah (mengamati) hilal (bulan baru) dengan PC anda sehingga anda tidak perlu ke pinggir pantai atau ke atas gunung untuk melakukannya.

Sebelumnya saya telah menulis tentang hisab-rukyat di situswahab. Di sana saya telah uraikan agak panjang tentang teori hisab-rukyat dan kelemahannya bila digunakan sendiri-sendiri. Silakan baca itu dulu kalau berminat tahu lebih banyak agar tidak sembarangan melempar komentar sinis tentang penentuan awal bulan Ramadhan yang oleh orang awam sering dianggap rumit, berbelit-belit, tidak menghargai teknologi, memecah persatuan umat dan lain-lain seperti banyak saya baca di berbagai situs internet.

Langsung saja ke bahasan awal. Menurut perhitungan para ahli, Hilal (bulan baru) tahun 1433 H./2012 M. telah muncul pada hari Kamis, 19 Juli 2012. Akan tetapi sangat tipis karena ketinggiannya belum sampai 2 derajat. Pada ketinggian ini secara teoritis tidak mungkin dilakukan rukyah (pengamatan visual) atau dengan kata lain hilal tidak akan tampak pada hari itu sehingga awal bulan harusnya belum jatuh esok harinya.

Muhammadiyah jika tetap menggunakan teori Wujud al-Hilal (keberadaan hilal di atas ufuk) pasti akan memulai Ramadhan pada hari tersebut atau puasa tanggal 20 Juli 2012. Adapun Pemerintah beserta Ormas lain, semisal NU, yang tidak memakai standar itu pasti memulai Ramadhan pada hari esoknya, yakni Sabtu 21 Juli 2012. Tapi bagaimana pun hasilnya tergantung pada Sidang Itsbat yang akan dilakukan pemerintah beberapa hari lagi (meskipun hasilnya sebenarnya sudah jelas tanpa adanya sidang).

Untuk membuktikannya tidak perlu menunggu tanggal 19 Juli 2012 mendatang, kita bisa me-rukyah dari sekarang melalui PC kita. Caranya sederhana, cukup gunakan aplikasi Stellarium. Aplikasi ini telah digunakan di banyak Planetarium di dunia. Akurasinya juga sudah diakui oleh para ahli. Bagi yang belum punya, silakan donwload Stellarium terbaru di sini.

Bila sudah terpasang di Komputer anda, pastikan anda menyetel lokasi, waktu dan bahasa yang anda kehendaki. Lokasi kota-kota besar di Indonesia sudah masuk dalam aplikasi ini sehingga tidak perlu menyetel manual Longitude dan Latitude-nya, tinggal cari dan pilih. Begitu pula tanggal dan waktunya bisa disetel ke waktu kapanpun yang dikehendaki. Lanskap, tampilan langit, tampilan binocular dan lain-lain  juga bisa di atur sesuai selera.

Setelah itu setel waktunya ke tanggal 19 Juli 2012 di saat matahari terbenam di mana pengamatan awal bulan dilakukan. agar akurat, tekan Crl + F untuk memunculkan jendela pencarian lalu ketik “bulan”, maka tampilan akan persis mengarah pada bulan. Hasilnya akan terlihat seperti berikut:

Klik gambar di atas untuk memperbesar ke ukuran sebenarnya. Bila bulan baru (hilal) itu diperbesar, maka tampilannya akan seperti berikut:

Klik gambar di atas untuk melihat ukuran sebenarnya.

Anda lihat sendiri bukan, hilal pada hari dan waktu tersebut tidak tampak sama sekali! meskipun posisinya sudah benar berada di atas horizon sewaktu matahari tenggelam. Itulah yang akan dilihat oleh para tim rukyah hilal di wilayah manapun di Indonesia nanti pada tanggal 19 Juli 2012. Karena hilal masih belum tampak, maka hari esoknya harusnya dianggap belum memasuki bulan baru alias belum Ramadhan. Dengan kata lain harusnya awal Ramadhan jatuh pada lusa-nya, yakni tanggal 21 Juli 2012.

Tampilan di atas dipotret dengan Stellarium terbaru dengan mengatur agar langit cerah tanpa awan dengan kecerahan langit standar dan lanskap samudera agar pengamatan makin jelas tanpa ada ragu-ragu lagi. Pada kondisi sebenarnya di lapangan jelas akan tampak berbeda; Seperti biasa langit arah barat sore hari akan dihiasi awan dan kecerahan langitnya bisa lebih dari pada yang terlihat dalam simulasi sehingga polusi cahayanya makin besar. Alhasil, dalam keadaan demikian, hilal makin tidak mungkin terlihat dengan mata telanjang. Kalau nanti ada yang mengaku melihat hilal, meskipun sampai sumpah-sumpah dan yang bersaksi itu seorang wali sekali pun, kesaksiannya pasti ditolak oleh dewan sidang itsbat.

Sekedar mengingatkan, pedoman penentuan awal bulan adalah hadis Nabi Muhammad yang artinya sebagai berikut:

“Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan hentikan puasa karena melihatnya (hilal)”.

Semoga bermanfaat.

Karya Asli Abdul Wahab

Bagi yang ingin tahu lebih banyak tentang Stellarium, silakan baca ini.

Perihal Abdul Wahab
Lecturer, Writer and Chief of Aswaja Center Jember.

3 Responses to Rukyah Hilal Ramadhan 2012 Via PC

  1. akbar mengatakan:

    ini bener ga?
    koq cuma gitu2 doang….

  2. Husnul Asma Dias mengatakan:

    great…sobat🙂

    • Abdul Wahab mengatakan:

      🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s