Tips mengatasi panas Laptop/Notebook/Netbook


 

Laptop/Notebook/Netbook saat ini sudah bukan barang langka lagi. Makin hari kebutuhan masyarakat akan gadget yang satu ini makin tinggi karena mobilitasnya yang sangat bisa diandalkan. Kelamahan dari laptop atau sejenisnya adalah panas. Berbeda dengan PC duduk yang berukuran besar, kipas pada laptop dibuat sekecil mungkin sehingga kekuatan pendinginannya juga makin kecil. Padahal panas sangat berbahaya untuk gadget anda. Untuk mengatasi panas laptop/notebook/netbook kesayangan anda, maka situswahab akan memberikan tips-tips sederhana yang telah terbukti ampuh meminimalisir panas laptop dan sejenisnya.

Biasanya untuk urusan ini orang akan memilih membeli tambahan kipas laptop/notebook yang diletakkan di bawah laptopnya. Harga dari masing-masing kipas tambahan ini cukup beragam sesuai variasi ukuran dan aksesorisnya. Biasanya kipas tambahan laptop ini dihiasi dengan lampu kelap-kelip untuk memperindah penampilan. Saya secara pribadi tidak menyarankan anda untuk menggunakan cara ini karena beberapa alasan:

  1. Tidak gratis. Ini kelemahan mutlak yang cukup merepotkan bagi mereka yang berkantong tipis, seperti kebanyakan mahasiswa.🙂
  2. Kipas mengeluarkan suara bising.
  3. Kipas biasanya terletak di tengah kotak penyangganya sedangkan ventilasi laptop biasanya di pinggir. Akibatnya yang dikipasi adalah chasing laptopnya, bukan ventilasinya sehingga bisa dibilang kurang tepat sasaran.
  4. Ribet karena ukurannya cukup besar. Ini masalah besar untuk urusan mobilitas.
  5. Menguras baterai karena energi kipas didapat dari baterai laptop melalui sanbungan USB. Ada juga kipas yang memakai sumber listrik sendiri, tapi tentu ada bisa bayangkan ribetnya bagaimana.

Lalu apa tips situswahab kali ini? Jawabannya adalah lantai. Ya, lantai dapat memberi efek dingin yang dibutuhkan laptop anda, apalagi jika lantainya marmer. Udara yang tepat di atas lantai sudah cukup dingin untuk mengalir ke dalam ventilasi laptop yang panas. Dingin lantai yang menyentuh chasing juga dapat memberi efek dingin yang baik. Jadi tipsnya sederhana saja, cukup letakkan laptop anda di lantai yang tanpa ada penghalangnya seperti karpet dan sebagainya. Tapi ingat, lantainya harus bersih alias bebas debu agar tidak ada debu yang masuk ke dalam laptop.

Jangan lupa agar anda sendiri duduk di atas alas tertentu karena dinginnya lantai cukup mampu membuat anda masuk angin, lebih dari sekedar dinginnya kipas. Ini adalah salah satu kekurangan tips ini. Kekurangan lainnya, anda tidak bisa asal duduk di lantai di semua tempat.

Sebagai tambahan, jangan sekali-kali menyumbat ventilasi laptop dengan sadar atau tidak. Meletakkan laptop di kasur atau tempat lain yang empuk adalah tindakan yang sangat buruk karena ventilasi laptop bisa tertutup. Kalau anda hendak memangku laptop anda, perhatikan letak lubang ventilasinya dan usahakan tidak terhalang oleh apapun, termasuk oleh paha anda sendiri. Anda bisa menggunakan buku tebal sebagai alas di bawah laptop anda ketika dipangku atau di atas kasur sehingga ventilasi laptop tetap terbuka.

Coba buktikan sendiri tips ini, letakkan laptop anda di lantai dan gunakan selama mungkin. Setelah cukup lama, raba bagian bawah laptop anda, lebih dingin dari biasanya bukan? Untuk lebih akuratnya, coba install program yang dapat mendeteksi panas di laptop anda semisal BateryCare, SpeedFan dan sebagainya. (Klik di tautan tersebut untuk mendapatkannya).

Sekian tips kali ini, semoga bermanfaat.

Karya Asli Abdul Wahab

Perihal Abdul Wahab
Lecturer, Writer and Chief of Aswaja Center Jember.

One Response to Tips mengatasi panas Laptop/Notebook/Netbook

  1. khodijah mengatakan:

    Thanks ya tipsnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s