Trik Menyembunyikan File Rahasia Dalam File Lain


Pengen menyembunyikan/menyamarkan file rahasia dalam file lain kayak detektif-detektif di film-film? Pengen file anda tersamarkan jadi file lain? Pengen file gambar anda bersembunyi di balik dokumen, dokumen sembunyi di balik gambar, video sembunyi di balik gambar, lagu sembunyi di balik dokumen dan lain-lain deh yang penting sembunyi-sembunyi di balik file lain sebagai penyamaran? Jadinya video/lagu kelihatan seperti gambar, dokumen rahasia kelihatan seperti dokumen biasa, mp3 kelihatan dokumen/gambar. Unik bukan?

Dengan trik ini file anda akan tersamarkan seolah file lain yang biasa-biasa sehingga orang yang melihat tidak akan sadar kalau ada sesuatu yang tersembunyi di sana. Trik ini tidak memerlukan keahlian hebat, software ataupun lain-lain yang rumit. Yang diperlukan hanya beberapa langkah sederhana tapi menghasilkan hasil luar biasa seperti yang akan saya sebut di bawah, khusus anda pengunjung SitusWahab.

Sebelum itu, ada pengetahuan mendasar yang perlu anda ketahui dulu, yakni apa itu ekstensi file dan bagaimana cara menampakkannya. Kebanyakan orang sudah tahu ini, tapi kalau belum tahu saya jelaskan dulu sedikit (bagi yang sudah tahu lewatkan saja).

  • Ekstensi file itu kode yang menjelaskan jenis file. Misalnya: File audio ada yang berjenis mp3, wav dan lain-lain. File gambar berjenis jpg, bmp dan lain-lain. Dokumen berjenis doc, txt dan lain-lain.
  • Ekstensi file itu berada di akhir nama file setelah tanda titik.
  • Bila ekstensi ini tidak tampak di explorer, maka harus ditampakkan dulu. Caranya:
    1. Klik menu Tool di explorer lalu pilih Folder Options.
    2. Klik tab View.
    3. Non-aktifkan (hilangkan centang) pada opsi Hide extensions for known file types.
    4. OK.

Setelah ekstensi file-file di kompi anda tampak, maka sekarang kita siap memakai jurus-jurus rahasianya😉 Saya contohkan kali ini kita akan menyembunyikan file mp3 rahasia di balik file gambar. Jadi nantinya yang terlihat di explorer adalah sebuah gambar normal, tapi di balik itu ada file rahasia berupa mp3.  Anggap saja anda ingin mengirimkan gambar bunga yang cantik pada kekasih pujaan dan di balik itu ada lagu/puisi cinta, Hahahaha..😀

Gak sabar?, oke begini caranya:

  1. Untuk lebih memudahkan, sebaiknya buat folder baru tempat latihan dan percobaan. Tempatkan file-file pada langkah berikutnya ke dalam folder tersebut.
  2. Siapkan file gambarnya. Sebagai latihan, pilih yang berekstensi .jpg dan ubah namanya menjadi gambar.jpg
  3. Siapkan file mp3-nya di folder yang sama dengan gambar tersebut dan rubah namanya menjadi audio.mp3
  4. Compress/mampatkan file audio.mp3 yang akan disembunyikan tersebut dengan WinRAR sehingga menjadi audio.rar (memakai winzip juga bisa). Bila belum tahu caranya meng-compress file, silakan baca ini. Bila file yang akan disembunyikan tidak dicompress, sering terjadi error.
  5. Buka program Notepad yang ada di Start Menu> All Programs> Accessories> Notepad.
  6. Ketik kode dengan format berikut di Notepad tersebut:
    @echo off
    copy /b fileutama+filerahasia namafilebaru

    Dalam kasus latihan kita dengan file di atas jadinya seperti ini:

    @echo off
    copy /b gambar.jpg+audio.rar hasil.jpg

    ***Yang perlu diperhatikan:
    – Urutan kode di atas tidak boleh dirubah.
    – Tiap file harus ditulis dengan ekstensinya.
    – Nama file baru yang menjadi hasil akhir trik ini harus berekstensi sama persis dengan file utama yang akan ditampilkan.

  7. Simpan dengan nama terserah anda tapi harus sebagai ekstensi .bat. Misalnya: Menyamar.bat (Jangan lupa akhiran nama file harus diberi .bat). Lokasi penyimpanan file .bat tersebut harus juga di folder yang sama dengan file gambar dan mp3 yang diproses.
  8. Jalankan file .bat tersebut dengan cara double klik. Maka akan muncul file baru dengan nama yang ditentukan tadi. Dalam latihan ini namanya adalah hasil.jpg

Bila semua langkah dilakukan dengan benar, maka file hasil.jpg tersebut akan berupa gambar yang bisa ditampilkan seperti biasa. Bedanya ukuran file itu jadi lebih besar dari sebelumnya karena telah disisipi file mp3 secara rahasia.

Cara membuka file rahasianya gampang saja. Karena file rahasia tadi berekstensi .rar, maka harus dibuka dengan WinRAR seperti halnya file rar biasa. Kelihatannya cukup aneh bukan, gambar kok dibuka dengan WinRAR🙂 Itulah uniknya, orang yang tidak tahu akan mengira itu sebagai gambar biasa dan file rahasia kita akan tetap aman, hehehe…. Kalau anda bingung gimana membukanya dengan WinRAR, coba ikuti langkah berikut:

  1. Klik kanan file gambar tersebut
  2. Pilih Open With
  3. Klik Choose program...
  4. Klik Winrar Archiver
  5. OK.

Eit…. jangan terlalu girang dulu, teknik ini punya kelemahan yaitu DILARANG MENGEDIT DAN MENYIMPAN LAGI file hasil akhir yang punya rahasia itu karena file yang disisipkan akan hilang! Karena itu, bila sudah berhasil sebaiknya file hasilnya di-read only saja.

Foto dengan mp3 rahasia Lho lho lhooo… ngapain muncul gambar ini? Sepertinya kenal? Hahaha… gak usah kaget, itu gambar saya beberapa tahun lalu dengan aura NARSIS yang luar biasa😀

Kenapa gambar ini di sini? karena ini bukan gambar biasa melainkan gambar yang punya file rahasia! Ukurannya adalah 2 Mb. Coba anda klik kanan gambar cakep ini lalu klik Simpan tautan dengan nama atau Save target as lalu simpan ke kompi anda dan lihat hasilnya! Bila langsung disimpan gambarnya dengan cara biasa, maka yang ikut terdownload hanya gambarnya saja dengan ukuran kecil.

Coba buka secara biasa dari ekplorer lalu setelah anda puas memandangnya silakan tutup kembali lalu buka dengan WinRAR.  Di dalamnya ada hadiah istimewa dari saya, admin SitusWahab. Insya Allah yang orang Indonesia yang punya file rahasia tersebut masih sangat sedikit. Lumayan lah.

Bila sudah paham logikanya, Anda bisa memodifikasi contoh ini dan menyimpan file rahasianya ke dalam dokumen Microsoft Word misalnya atau ke file lain. Adapun file yang bisa disisipkan secara rahasia tersebut bisa dari segala jenis file. Yang terpenting file yang akan dirahasiakan dicompress dahulu untuk menghindari error. Selain pada gambar, saya juga sudah mencoba menyisipkan file rahasia dalam file .doc dan .txt dan berjalan dengan lancar.  Yang masih gagal ketika disembunyikan dalam file audio dan video.

Dengan cara ini, anda juga dapat mengupload file apapun ke WordPress gratisan anda, baik berupa file mp3, video, program atau apapun asal disisipkan dalam format yang didukung oleh WordPress gratisan (dengan domain .wordpress.com). Persis yang saya lakukan sekarang dengan gambar muka cakep di atas🙂 Trik canggih bukan?

Selamat bereksperimen.

Karya Asli Abdul Wahab

Perihal Abdul Wahab
Lecturer, Writer and Chief of Aswaja Center Jember.

3 Responses to Trik Menyembunyikan File Rahasia Dalam File Lain

  1. r mengatakan:

    aku nyoba pake mp4 gak bisa

  2. When I initially commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox
    and now each time a comment is added I get several e-mails with
    the same comment. Is there any way you can remove people from
    that service? Thanks!

  3. aam keren mengatakan:

    mas mau tanya….
    kalo disembunyikannya dalam mp3 bisa g? misal file doc ato rar disembunyikan di file ekstensinya mp3. carany gimana?
    kok saya coba gak bisa y???
    kalo disembunyikan di gambar or dokomen bisa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s