Cara memasang Badge/Lencana Google+ di Blog


Mumpung masih fresh, mumpung Google+ masih baru terbuka untuk publik hari ini, saya ingin jadi penulis pertama yang memberi tutorial cara membuat dan memasang badge atau Lencana Google+ di blog dalam bahasa Indonesia. Kalau lencana FB dan twitter sih sudah usang, tapi lencana Google+ masih sangat-sangat baru hingga anda harus buruan bikin sebelum yang lain, lumayan buat keren-kerenan dan yang pasti dapat meningkatkan traffic blog secara signifikan. Langsung saja, begini caranya:

  1. Tentu anda harus punya akun Google+ dulu. Bila belum, silakan daftar di http://plus.google.com/
  2. Masuk ke akun Google+ anda dan copy identitas akun anda. Cara mengetahui Identitas akun Google+ cukup mudah, karena yang dimaksud sebenarnya adalah nomor-nomor panjang di url akun anda yang berada di belakang kata: http://plus.google.com/
    Jadi misalnya url akun anda adalah: https://plus.google.com/110688801222393693639, maka itu berarti ID anda adalah: 110688801222393693639. Ngomong-ngomong, coba anda klik link akun Google+ tersebut dan lihat siapa yang punya!?
  3. Pergi ke alamat berikut: http://widgetsplus.com/
  4. Tekan tombol Get Widget
  5. Masukkan Google+ ID anda di kolom yang disediakan.
  6. Lakukan penyetelan lain-lain bila anda mau, seperti penyetelan warna lencana, latar belakang, jenis font, ukuran badge dan lain-lain.
  7. Setelah semua penyetelan selesai, maka tekan tombol Get Code.
  8. Copy kode yang muncul dan letakkan di sidebar blog anda. Caranya sama seperti memasang lencana FB dan sebagainya, yakni memakai widget text di WordPress atau HTML/Javascript di Blogger.

Bila semua langkah dilakukan dengan benar, maka anda akan mendapatkan hasil seperti berikut:

Ya begitulah caranya, semoga bermanfaat. Bagi yang belum punya Google+, buruan daftar sana. Hari gini masih saja berkutit di FB dan Twitter melulu. hahahaha….. Bagi yang dah punya, kalau mau silakan tambahkan saya ke lingkaran pertemanan anda.🙂

Catatan:

Kode yang didapat adalah kode javascript, jadi hanya bisa berfungsi di blogspot dan wordpress.org😦 Untuk yang punya alamat di wordpress.com sampai tulisan ini dibuat masih belum ditemukan caranya. Maklumlah, namanya juga baru buka untuk publik hari ini. Kapan-kapan atau mungkin sewaktu anda membaca ini sudah ada caranya untuk membuatnya mungkin di wordpress.com.

Karya Asli Abdul Wahab

Perihal Abdul Wahab
Lecturer, Writer and Chief of Aswaja Center Jember.

One Response to Cara memasang Badge/Lencana Google+ di Blog

  1. rendy mengatakan:

    sangat berguna mas.\m/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s