Trik Menyisipkan META Description Dalam WordPress Gratisan


Post di WordPress gratisan tidak bisa disisipi META tag atau META description? Siapa bilang?! Tentu bisa, tapi ada trik khusus untuk mewujudkannya. Seperti yang sudah diketahui, WordPress sangat pelit kalau soal edit-mengedit kode HTML dan CSS. Hanya Versi berbayar/sudah diupgrade yang mempunyai kontrol penuh untuk itu. Untuk menginstal plugin pembuat META description juga harus upgrade dulu baru bisa. Tapi untunglah, saya punya trik rahasia untuk mengakali itu hingga tidak dibutuhkan biaya sepeser pun untuk membuat post kita dikenal dengan baik oleh Search Engine.

Trik rahasia ini saya temukan tidak sengaja sewaktu mengedit sebuah post untuk SitusWahab ini. Ternyata masih ada bagian tertentu WP yang entah kenapa dirahasiakan dari dunia. Hehehe…. bahagianya hati ini kala menemukannya🙂 . Sewaktu tulisan ini dibuat (02-07-2011) teknik ini berjalan dengan baik, tapi entah nanti sewaktu anda membaca tulisan ini. Semoga saja masih bisa digunakan dan tidak dihilangkan oleh WordPress.

Kembali ke bahasan semula, META description biasanya digunakan oleh mesin cari untuk menampilkan ringkasan isi halaman kita untuk kemudian ditampilkan pada dunia. Bila tidak diedit manual, seringkali mesin cari menampilkan kata-kata yang kurang pas dan kurang eye catching sehingga pengunjung malas untuk mengunjungi halaman kita. Karenanya, para penulis handal tidak pernah melupakan bagian ini karena menjadi bagian terpenting untuk SEO (Search Engine Optimization)/optimisasi mesin cari. Sayang sungguh disayang, WP terlalu pelit untuk membiarkan kita mengedit META description secara manual tanpa bayar. Karenanya, banyak pengguna WP yang kecewa berat😦

Sebenarnya di dunia WordPress, META description memang tidak disediakan, tapi sebagai gantinya diperkenalkan excerpt.  Excerpt ini berfungsi sama persis dengan META description sehingga juga bisa digunakan sebagai teknik SEO sehingga traffic blog kita semakin meningkat dan otomatis PageRank juga akan meningkat. Tulisan ini akan menjelaskan bagaimana cara menyisipkan excerpt dalam posting wordpress kita.

Tunggu dulu, bukankah fungsi excerpt hanya disediakan di wordpress versi lama saja seperti versi 2,7 dan 2,8 dan versi yang sekarang sudah dimatikan? Ya itulah kenapa saya menyebut ini teknik rahasia karena teknik ini  akan mengaktifkan kembali/menampilkan kembali kotak excerpt yang menjadi kesayangan para blogger itu. Dengan kata lain, sebenarnya WP tidak menghilangkan fungsi ini, tapi hanya menyembunyikannya dari dunia.

Lalu bagaimana cara menampilkan kotak excerpt yang biasanya ada di bawah text editor wordpress itu? Sabar dulu, sekarang coba cek bagian bawah dari text editor wordpress anda. Di sana disediakan bagian Writing Helper, Revisions dan Likes and Shares. Bagian excerpt yang dulu ada kini menghilang entah kemana. Betul bukan?

Sekarang coba teknik rahasianya: Matikan JavaScript pada browser anda. Pada Mozilla Firefox lokasinya ada di: Tool>Option>Content atau versi Indonesianya adalah Alat>Pengaturan>Isi dan lalu hilangkan centang JavaScript-nya.

Sekarang kunjungi lagi halaman text editor wordpress anda dan lihat di bagian bawahnya, tadaa…. muncul kotak isian excerpt yang tersayang seperti gambar berikut:

Sumber Asli: situswahab.wordpress.com

Seperti anda lihat, bukan hanya bagian Excerpt yang muncul, tapi juga bagian Send Trackbacks.

Sekarang anda bisa mengisi rangkuman isi halaman anda dan membiarkan Search Engine menemukannya untuk diumumkan pada dunia. Semoga bermanfaat.
Karya Asli Abdul Wahab

Perihal Abdul Wahab
Lecturer, Writer and Chief of Aswaja Center Jember.

4 Responses to Trik Menyisipkan META Description Dalam WordPress Gratisan

  1. Muso mengatakan:

    Wah, begitu to caranya. dah lama nyari baru ketemu disini. Trims banget sharingnya.

    Salam

    • Abdul Wahab mengatakan:

      salam kenal. senang sudah bisa bantu.

  2. kukuh budiharso mengatakan:

    makasih infonya………… salam kenal http://budiharso.wordpress.com

    • Abdul Wahab mengatakan:

      Salam kenal juga. terimakasih kunjungnan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s