Trik menemukan sms yang terhapus di Nokia S60


Pernah kehilangan sms penting? Ingin me-recover atau membaca sms yang sudah terlanjur dihapus? Tenang, semua itu masih bisa dilakukan dengan memakai trik berikut:Sumber Asli: situswahab.wordpress.com

Yang sudah saya coba, trik ini berjalan baik di ponsel Nokia generasi S60 (symbian) berbagai versi. Secara teoritis, sepertinya juga mungkin juga diterapkan ke ponsel-ponsel tipe lain yang tidak langsung menghapus jejak sms di ponsel. Tinggal cari jejak smsnya di tempat penyimpanan. Kalau dipikir-pikir, cara ini bisa untuk memata-matai sms rahasia orang lain juga ya.

Cara membuka sms lama yang sudah dihapus di Nokia S60 semua versi ternyata sangat mudah, yaitu:

  1. Gunakan program manager file seperti System Explorer, Fexplorer, X-Plore dan lain-lain yang dapat membuka file dalam bentuk hex.
  2. Cari folder tempat penyimpanan sms di c: atau kartu memori tergantung setting smsnya. Bila setting awal tidak diubah, biasanya foldernya berjudul Mail yang terdapat di folder System.
  3. Di folder Mail ini Anda akan melihat daftar folder berupa angka-angka seperti 0010001_s dan di dalamnya ada file-file yang judulnya seperti 00100000 dan sebagainya. File-file tersebut sebenarnya sms Anda yang telah terhapus.
  4. Buka file tersebut dengan manager file, tapi tidak bisa langsung open melainkan pilih menu open in hex.. atau Hex/ text viewer… atau istilah lain-lain sesuai aplikasinya. Yang penting buka dengan Hex viewer atau hex editor maka file itu akan terbaca isinya.

Cara lain yang lebih mudah adalah dengan membukanya dengan komputer. Caranya copy seluruh folder berisi sms tersebut ke komputer, lalu buka filenya dengan program hex editor semisal Hxd Hex Editor.

Dengan cara ini, sms lama yang sudah hilang dari peredaran akan bisa diakses lagi meskipun tidak  dikembalikan lagi ke tempatnya semula seperti sms normal.

Karya Asli Abdul Wahab

Perihal Abdul Wahab
Lecturer, Writer and Chief of Aswaja Center Jember.

2 Responses to Trik menemukan sms yang terhapus di Nokia S60

  1. anim mengatakan:

    halo.. sy udh download X-Plore nya.. cm file “mail” nya kok gak ketemu ya.. udh utak utek si system..gak ada jg.. pokoknya udh ngikutin alur yg mas tulis.. msh gak ketemu jg.. plizz advice donk… thx

    • Abdul Wahab mengatakan:

      mungkin folder penyimpanan smsnya sudah bukan setting default. coba dicari di memory card atau dilihat di setting sms (langkah teknisnya bisa beda-beda tiap hp). lihat dulu setting penyimpanannya diatur ke mana.

      untuk kasus hp S60 yang saya miliki, letak settingnya ada di:
      Messaging>Options>Settings>Other di kotak bagian Memory In Use. Kalau yang dipilih adalah phone memori berarti di memori hp, biasanya di C:\System\mail. Kalau di memory card biasanya di salah satu folder di memory card.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s