Adobe Acrobat; Dedengkotnya Format .pdf


Anda mau membuat file pdf atau mengedit file pdf seperti berikut: mengunci pdf, memberi komentar, membuatnya tidak bisa dicopy atau diprint, mengekspor pdf ke dalam format lain, menggabung beberapa file pdf, memberi tanda tangan digital ke dalam file pdf, membuat form dan lain-lain? Program Adobe Acrobat adalah ahlinya semua itu.

Siapa yang tak kenal dengan format pdf? Semua pasti sudah familiar. Tapi, masih banyak yang tidak punya program yang menjadi dedengkotnya format ini, yaitu Adobe Acrobat. Program inilah yang melahirkan format pdf itu hingga menjadi format internasional.

Jarang sekali orang yang mempunyai progam ini karena satu alasan umum, yaitu harganya selangit. Saat artikel ini dibuat, versi terbaru Adobe Acrobat adalah Acrobat X Pro yang harganya dibandrol $499 US dollar yang berarti dalam kurs rupiah mencapai 4 juta rupiah lebih. Wow, itu harga fantastis yang bersaing malah melebihi harga sebuah sistem operasi windows XP. Yang populer di kalangan umum hanya program pembaca pdf saja seperti Acrobat Reader dan sebagainya.

Karena mahalnya Adobe Acrobat ini, maka banyak program-program gratisan yang muncul di pasaran. Program gratisan biasanya tidak punya fitur selengkap program Acrobat; kebanyakan hanya membuat file pdf saja, namun tidak bisa melakukan editing seperti halnya Adobe Acrobat.

Program pembuat file pdf gratisan banyak sekali di dunia. Sebagai contoh saja, sebut saja misalnya DoPdf   (klik saja link-nya untuk mencobanya langsung). DoPdf dan sejenisnya bekerja dengan cara membuat printer virtual di sistem operasi. Seluruh file yang diprint ke printer virtual ini akan diproduksi menjadi file pdf.

Kembali ke Adobe Acrobat, software super mahal ini biasanya dapat didapat versi bajakannya di internet kalau saja cukup beruntung mendapat link yang tepat. Kalau hendak mencoba merasakan hebatnya software ini, coba download saja di sini:

Adobe Acrobat X Pro Bagian pertama:

http://www.filesonic.com/file/r000216945/737846251/Adobe

Adobe Acrobat X Pro Bagian kedua:

http://www.filesonic.com/file/r000216945/737846261/Adobe

Link download tersebut mengarah pada layanan host Filesonic. Biasanya, link seperti ini tidak berumur terlalu lama karena perusahaan pembuat software bisa menggugat host yang bersangkutan sehingga file-nya dihapus. Pada saat artikel ini ditulis, link di atas masih berkerja dengan baik. Namun untuk jaga-jaga takut link-nya sudah rusak karena filenya telah dihapus, maka ada baiknya saya sertakan link download via torrent berikut:

Torrent Adobe Acrobat X Pro

Untuk yang memakai modem dial-up (biasanya pake kartu seluler), saya sarankan download via torrent saja agar tidak putus tengah jalan. Bagi yang belum paham tentang torrent, baca ulasannya di sini.

Perihal Abdul Wahab
Lecturer, Writer and Chief of Aswaja Center Jember.

2 Responses to Adobe Acrobat; Dedengkotnya Format .pdf

  1. pirate proxy mengatakan:

    As such, it shouldn’t be too difficult to shell out some time constructing a database of tables such as what is suggested at where they have got provided a sample database spec to be used in a accommodation reservation application. So far, reactions towards the acquisition, as well as towards the announcement of the new business model, are already mixed, but only time will state whether or not a revamped version with the massively popular peer-to-peer website will be as successful since its predecessor. Trading invites numerous sites is especially frowned upon inside exclusive Bit – Torrent community as it allows anti-piracy groups to infiltrate private trackers with less effort.

  2. Ping-balik: Membuang (membobol) Password PDF « Situsnya Abdul Wahab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s