TrueCrypt; Program Enkripsi Gratisan Berfasilitas Mewah


Khawatir keamanan data? Anda mau mengunci mati data Anda dengan keamanan maksimum agar tidak mungkin dibaca orang lain? Mau membuat file ter-enkripsi sehingga isinya aman? Khawatir kalau-kalau ada yang memaksa Anda mengungkapkan password data sensitif anda? Tenang…. TrueCrypt adalah solusi untuk semua itu.

Bagi Anda yang masih belum kenal enkripsi, sekedar info saja; enkripsi ini beda jauh dari sekedar mengunci akses folder atau file seperti banyak digunakan kalangan umum di Indonesia ini. Secara sederhana, enkripsi berarti merubah data file menjadi kode-kode rumit yang hanya dapat dipecahkan dengan kunci algoritma tertentu yang sangat-sangat sulit dijebol.

Kalau sekedar mengunci akses ke file atau folder seperti yang dilakukan oleh applikasi FolderLock dan sejenisnya itu sih metode keamanan “kanak-kanak”🙂 hehehe… peace!. Metode seperti itu biasanya hanya memblokir akses data dari sistem operasi ke file atau folder tertentu. Kalau saja kita memakai software tertentu yang dapat melakukan akses langsung ke hard-disk tanpa izin dari sistem operasi, maka jelas pengamanan model “kanak-kanak” seperti itu tidak ada artinya lagi, meskipun passwodnya sepanjang ensiklopedia🙂. Saya tidak mau panjang lebar menjelaskan metode pengamanan  “kanak-kanak” seperti itu kali ini, biar para penggunanya tetap merasa aman dan bahagia🙂 Tapi tidak tahu kalau lain kali, mungkin saya ungkap semuanya. hehehe….

Dengan metode enkripsi, berarti data kita tidak mungkin dibuka dengan cara apapun, lewat sistem operasi atau jalur akses apapun dan datanya dibawa ke manapun dan kapan pun kecuali jika tahu passwordnya. Hebat bukan?

Langsung saja sekarang saya ulas salah satu software enkripsi yang 100% gratis tapi berkemampuan hebat ala keamanan level militer, yaitu True Crypt.

TrueCrypt

Adalah program yang dapat melakukan enkripsi (proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus) dengan standart tinggi.

Sofware ini mampu:

  • Membuat sebuah disk virtual terenkripsi dalam bentuk file yang dapat di-mount (dimuat) sebagai disk nyata.
  • Mengenkripsi seluruh partisi atau perangkat penyimpanan seperti USB flash drive atau hard drive.
  • Mengenkripsi partisi atau drive di mana Windows diinstal (pre-boot otentikasi).
  • Enkripsi dilakukan secara otomatis, real-time (on-the-fly) dan transparan.
  • Paralelisasi dan pipelining memungkinkan data yang akan dibaca dan ditulis secepat jika drive itu tidak dienkripsi.
  • Enkripsi dapat berupa hardware-accelerated pada prosesor modern.
  • Menyediakan teknik khusus jika suatu saat musuh memaksa Anda untuk membocorkan passwordnya berupa penyimpanan tersembunyi dalam file terenkripsi (hidden volume).
    Ini merupakan fitur spesial karena jika terpaksa membocorkan password file karena suatu sebab, maka yang terbaca merupakan informasi palsu karangan kita. Informasi aslinya tersembunyi dalam penyimpanan tersembunyi lapis kedua yang tidak mungkin tampak tanpa ada password lapis keduanya. Hebat kan?

Langsung saja dapatkan TrueCrypt dari link  berikut:

atau cek langsung versi terbarunya di sini.

Perihal Abdul Wahab
Lecturer, Writer and Chief of Aswaja Center Jember.

One Response to TrueCrypt; Program Enkripsi Gratisan Berfasilitas Mewah

  1. Hainur Rofik mengatakan:

    Infonya sangat membantu,,,
    Cari kemana-mana… hehehe

    Nice info.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s