Tips Ampuh Mempercepat Mozilla Firefox Hingga wuzzz……


Beberapa hari lalu saya berkunjung ke sebuah warnet dengan koneksi Broadband Speedy. Dalam hati saya terlintas pikiran: “Kapaaan saya punya koneksi broadband seperti ini? Koneksi internet pasti kencang bin ngebut.” Sekedar iseng lalu saya buka halaman situs komik online kesayangan🙂 hehehe… sudah tua masih suka komik🙂 dan ternyata….. loading halamannya ternyata masih lebih cepat di rumah saya yang hanya memakai koneksi CDMA Flexi Unlimited yang murah meriah itu!!! Tak percaya? saya pun tak percaya sebelum mengalaminya sendiri. (Sekedar info agar lebih masuk akal: warnet waktu itu penuh diisi kira-kira 11 komputer, jadi koneksi broadband-nya dibagi sebelas komputer. Untuk ukuran broadband, seharusnya ini masih jauh lebih cepat dari koneksi dial-up di rumah saya.)

Ada banyak tips yang dapat digunakan untuk mempercepat loading halaman website, seperti menyetel konfigurasi Firefox, merubah DNS dan lain-lain. Sayangnya saya sedang malas mengulas semuanya sekaligus, kalau berminat, silakan google saja sendiri🙂. Yang akan saya bagikan kali ini hanya satu tip yang menurut saya paling masuk akal dan paling dapat dirasakan perbedaannya, yaitu: membuang seluruh iklan dan Flash yang tak penting!!! sorry teman-teman yang pada suka pasang iklan… peace!🙂 Anda juga bisa membuang tampilan gambar untuk mempercepat loading, tapi tentu hasil tampilan website jadi tidak menarik.

Bagaimana cara melakukannya? pasang saja Add-On Adblock Plus di Mozilla Firefox anda. Untuk memasangnya, langsung saja klik di sini:

Lalu klik Allow di pojok kanan atas layar lalu klik Install Now untuk menginstall Adblock Plus lalu restart Firefox Anda.

Sekarang, coba buka Facebook atau situs-situs komersial lainnya dan rasakan bedanya ketika pindah halaman. Atau mungkin anda juga mau membaca komik online kesayangan saya? atau sekedar iseng ingin membuktikan cerita saya:-) klik saja di sini.

Note:

*Adblock Plus telah mempunyai database iklan yang banyak, tetapi tentu tidak semua penyedia iklan masuk dalam daftarnya. Penyedia Iklan lokal seperti kliksaya, kumpulblogger dan lain-lain tetap muncul karena belum masuk database. Untuk menambahkan iklan atau flash pada database Adblock Plus, caranya cukup klik kanan iklan atau flash yang menurut anda mengganggu lalu klik Add to Adblock Plus atau Block this item

**Bagi Anda yang ingin bersedekah bagi para blogger dan pengelola web yang Anda kunjungi, jangan sekali-kali memakai tips ini!🙂 karena tips ini memutus salah satu rantai rezeki tambahan mereka :-)  peace teman-teman…!!!

Perihal Abdul Wahab
Lecturer, Writer and Chief of Aswaja Center Jember.

Tinggalkan Balasan

