Islam Itu Asing


Jaman sekarang, mengikuti ajaran-ajaran Islam dengan sempurna itu sering dianggap aneh, kuno, ketinggalan jaman, nggak modern dan sebagainya. Ya itu wajar saja karena kebanyakan orang modern sudah tidak terlalu peduli dengan detail-detail ajaran Agama. Cukup sekedar menyebut dirinya Islam di identitas masing-masing dan melakukan ajaran-ajaran pokok saja, seperti shalat dan puasa ramadhan, dan itu pun banyak yang bolong.

Andai saja ada orang yang berislam hingga ke level pola pikir dan aturan hidup sehari-hari, maka tak jarang dibilang ekstrimis, radikal atau bahkan bisa saja dituduh berpotensi sebagai teroris, gawat!. Soal berbusana atau paling tidak aturan berbusana jangan ditanya lagi, label udik, norak dan kuno sudah jadi menu sehari-hari.

Orang-orang Islam seperti ini memang bisa dibilang aneh dalam pergaulannya; Ketika yang lain bersenang-senang dengan sang pacar eh… dia malah bilang itu haram sebelum nikah. Ketika yang lain asyik clubbing malam mingguan, eh… dia malah ngilang nungguin rumah. Kalau perempuan Islam yang Islami malah lebih aneh, perempuan lain sibuk pamer kulit cantik mereka, eh… yang ini malah nutup-nutupi kulitnya. Kalau cewek yang lain berlomba-lomba cari perhatian lawan jenisnya, eh… yang ini malah cuek bebek kayak makhluk planet lain… Kalau yang lain sudah naksir sama cowok, biasanya seneng kalau dipegang dan dibelai cowok yang ditaksir, eh… yang ini malah bikin ribet setengah mati, masa mau pegang saja musti nikah dulu?

Kata orang, mereka itu manusia yang gak seru, gak asyik dan sok suci. Dikit-dikit haram, dikit-dikit gak boleh…. jaman kan sudah lain sekarang. Biasanya begitu komentar orang-orang tentang mereka.

Sebetulnya, Nabi Muhammad sendiri sudah memprediksi fenomena ini, sejak 14 abad lalu Beliau bersabda:

بدأ الإسلام غريبا وسيعود كما بدأ غريبا  فطوبى للغرباء

Islam itu memulai ajarannya dalam keadaan asing dan akan kembali asing seperti sedia kala, maka beruntunglah orang-orang yang asing!

Dulu ajaran Islam juga dianggap aneh oleh orang-orang Arab hingga akhirnya mereka sadar kalau Islam adalah ajaran yang benar. Islam pun menyebar ke seantero dunia dan populer. Kemudian, seperti kita lihat sekarang, jadi kelihatan asing lagi karena dianggap tidak mengikuti jaman. Pada akhirnya nanti, masjid pun akan tinggal bangunan mewahnya, Qur’an pun tinggal tulisannya hingga akhirnya…… kiamat pun tiba dan orang-orang akan bingung bertanya-tanya: “Dimanakah orang-orang asing itu? kenapa mereka semua mati duluan?”

Ya Allah….!!!


Karya Asli Abdul Wahab

Perihal Abdul Wahab
Lecturer, Writer and Chief of Aswaja Center Jember.

Komentar ditutup.