Torrent; Solusi hebat untuk yang bermodem lambat


Beberapa teman saya kaget karena dengan modem CDMA yang lemotnya minta ampun (bila dibandingkan dengan broadband) yang biasanya sering mati-matian (bukan dalam arti semangat berapi-api, tapi dalam arti mati beneran sambungannya tu modem), ternyata saya bisa mendownload file yang ukurannya hingga beberapa GB. Ampuh sangat!  Saya akan berbagi tips melakukan itu dengan Anda yang mungkin masih belum kenal betul dunia Internet.Download mendownload adalah hal yang paling menarik dari internet. Download dibagi menjadi dua macam, yaitu direct download (download langsung) dan inderect download (download tidak langsung). Gampangnya, Download langsung adalah cara download/akses yang langsung dari browser ke  file yang dituju. Adapun download tidak langsung adalah cara download yang tidak langsung ke file-nya, tapi masih melewati protokol lain, seperti server maupun komputer lain.

Download tidak langsung yang melewati server file hosting seperti Rapidshare, Hotfile dan lain-lain biasanya tidak bisa diresume alias harus diselesaikan sekali download kecuali bagi mereka yang rela membayar fitur premium. Ini tentu menjadi kendala bagi yang mengakses internet dengan modem lambat bin lemot (seperti saya🙂 ). Apalagi bila yang didownload adalah file yang ukurannya besar hingga bergiga-giga.

Biasanya modem murah meriah dengan sambungan GSM atau CDMA selain lambat bin lemot akan disconnect dalam jangka waktu tertentu. Ini tentu merugikan bila sedang download. Kalau download dengan Internet Download Manager sih mending karena biasanya bisa di-resume asal dari situs yang bukan file host.

Solusinya adalah download via torrent. Bagi penggemar internet, tentu tidak asing dengan torrent. Ini sekedar info saja bagi yang masih awam soal internet. Apa itu torrent? Gampangnya Torrent adalah file kecil yang memuat alamat file tertentu yang akan di download. Downloadnya tidak melalui server, tapi langsung dari komputer ke komputer di seluruh dunia. Istilah kerennya adalah P2P atau Peer to Peer (teman ke teman). Jadi, ada penyedia file (disebut seeder) dan ada yang meminta file (disebut leacher). Selama ada transfer file antara seeder dan leacher di dunia ini maka torrent itu tetap hidup. Biasanya umurnya hingga jauh bertahun-tahun. Saya sendiri pernah mendownload file film sepuluh tahun yang lalu dan masih jalan mulus.

Ada beberapa keuntungan mendownload file via torrent, antara lain:

  1. Tidak ada istilah putus tengah jalan. Download akan terus jalan selama komputer/programnya dijalankan dan selama penyedia file masih membagikan filenya. Kalaupun komputer atau program sempat mati karena dimatikan atau mati sendiri, tenang saja, tinggal hidupkan lagi dan jalan lagi.
  2. Karena sistemnya P2P, maka tidak ada batasan-batas menyebalkan seperti batasan download, harus bayar dulu atau lain-lain.
  3. Biasanya filenya full version yang bisa dipakai ya memang itu.🙂 Ini adalah hal paling menarik dari sistem P2P. Tidak ada batasan mau berbagi apa saja, termasuk file Full version.
  4. Cocok untuk yang bermodem lambat (biasanya modem tanpa kabel seperti modem GSM dan CDMA) tapi bermimpi download file besar (tak masalah sebesar apapun filenya selama hard disk muat) karena tidak masalah berapa kalipun download putus, tetap bisa jalan lagi meskipun lama.

Untuk membuka file torrent, anda perlu menggunakan program Torrent Client seperti BitTorrent, uTorrent dan banyak lainnya. Bagi yang berminat, silakan download di sini:

  1. Download BitTorrent
  2. Download uTottent

Dua program di atas adalah yang terbaik dan terpopuler menurut saya. Untuk menggunakannya anda perlu punya file torrent yang bisa anda google.

Contoh, saya mau mendownload file Windows 7 Full Version🙂 hehehe… sorry microsoft…., maka saya cukup google torrent Windows 7 Full Version dan torrentnya siap anda dapatkan. Semakin populer dan semakin mahal suatu file, maka torrent-nya semakin banyak tersedia. hehehe….

Untuk lebih memudahkan, berikut ini saya berikan link ke situs torrent favorit saya, daripada masih harus keliling-keliling tanya ke mbah google. lumayan hemat waktu.

  1. IsoHunt.com
  2. thePirateBay.com

Coba saja cari Windows 7, Office 10, dan lain-lain yang harganya selangit itu, maka Anda akan bahagia. Salam Download!

Karya Asli Abdul Wahab

Perihal Abdul Wahab
Lecturer, Writer and Chief of Aswaja Center Jember.

4 Responses to Torrent; Solusi hebat untuk yang bermodem lambat

  1. ridwan mengatakan:

    ass.wr. mas itu kita software hasil download kita pake nggak usah beli nggak papa to.??..saya takut di kaf**kan tetangga saya gara-gara pake software nggak beli…hehehe…:-) soale konon ada sy**kh yang mengharamkan software bajakan…..thanks..infonya…

  2. d ardiyans mengatakan:

    tak coba dulu ah…

  3. mostconscience mengatakan:

    kk gmna sih kok instal torrentnya gk bisa2??????//////? instalkan tolong

    • Abdul Wahab mengatakan:

      klo sdg ol, hub.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s