Tips membuat makalah instant dari internet


Terus terang ini adalah tulisan saya yang sepertinya agak memalukan karena saya akan menerangkan sesuatu yang tidak ideal dan sama sekali tidak mendidik,😦 tapi terus terang saja dalam kondisi kepepet deadline dari dosen tips berikut ini akan sangat membantu. Dari pengalaman, banyak teman-teman yang kelimpungan kalau deadline presentasi sudah dekat sedangkan makalah belum siap karena berbagai hal. Eit… tapi jangan keseringan menggunakan jurus ini agar kemampuan menulis anda tidak menurun karena penyakit copy-paste.🙂 Kalau ada waktu, Perpustakaan masih jauh lebih baik.

Kebanyakan orang akan mencari makalahnya dengan langsung mengetikkan tema/topiknya di google; cara ini praktis, tapi mempunyai dua kekurangan seperti berikut:

  1. Hasil pencarian terlalu melebar sehingga dibutuhkan waktu lebih lama untuk mencari tulisan yang tepat untuk dijadikan rujukan.
  2. Kebanyakan hasil yang relevan tidak mencantumkan rujukannya (Footnote, Innote, Endnote dan Daftar Pustaka) dalam bentuk buku sehingga tidak memenuhi syarat untuk dikutip secara ilmiah.

Untuk mengatasi kekurangan itu sebenarnya ada beberapa trik mudah yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan tulisan bermutu yang siap dikutip secara ilmiah dan pastinya instant🙂. Langsung saja berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka google.com atau google.co.id terserah anda. Yang berbeda hanya bahasanya. Dalam contoh kali ini saya menggunakan versi .co.id agar juga bisa diikuti oleh mereka yang kurang memahami bahasa Inggris.
  2. Klik Penelusuran lanjutan (Advanced Search)
  3. Pada kolom temukan hasil, isi dengan tema/topik makalah yang anda butuhkan.
  4. Pada kolom Jumlah per laman pilih 100. Langkah ini untuk mempermudah anda dalam melihat hasilnya sehingga tidak perlu direpotkan lagi dengan klik halaman berikutnya. Biasanya pada hasil cari halaman pertama saja sudah cukup untuk membuat satu makalah.
  5. Pada kolom Jenis berkas, pilihAdobe Acrobat PDF (.pdf). Langkah ini adalah yang paling penting karena kebanyakan makalah yang ditulis secara ilmiah (lengkap dengan Footnote dan daftar pustaka) dibuat dalam format ini.
    Contohnya lihat gambar berikut:cara cari makalah
  6. Klik Penelusuran Google lalu hasil penelusuran akan tampil sesuai tema yang anda cari. Dalam contoh ini saya menggunakan kata kunci “Sejarah Islam di Eropa”
  7. Bila anda tidak menggunakan komputer pribadi untuk mengakses internet, tentu akan membutuhkan waktu lama untuk mencari tulisan yang tepat dan pastinya akan menguras kantong anda lebih dalam. Banyakan orang, apalagi kelas mahasiswa,🙂 sangat memperhatikan soal kuras-menguras kantong ini. Solusinya bagi anda pengguna warnet, Jangan membaca seluruh hasil yang menurut anda relevan di warnet! Cukup simpan saja hasil yang sepertinya relevan dan kemudian pelajari di rumah. Caranya, Klik kanan hasil pencariannya, lalu klik Save Link As… lalu pilih media penyimpanan anda lalu simpan.
  8. Buka file-file pdf tersebut satu persatu dengan Acrobat Reader atau lainnya dan lihat apakah ada rujukannya, baik Footnote, Innote atau Endnote. Kalau tidak ada, maka jangan buang waktu anda membacanya. Buang saja! Tulisan tanpa rujukan tidak memenuhi kriteria karya ilmiah.
  9. Bila ternyata hasil yang dicari kurang memuaskan, maka anda dapat mengulangi langkah di atas dengan merubah kata kuncinya atau merubah jenis berkas-nya (langkah 5) ke format Microsoft Word (doc).

Sekedar tips tambahan: Jangan begitu saja mengambil secara utuh tulisan orang yang kebetulan cocok dengan tugas anda! bila dosen anda adalah orang yang jeli, besar kemungkinan anda ketahuan kalau nyontek! karena banyak dosen sekarang juga mencari-cari bahan tambahan di internet untuk mengajar.

Bila anda sudah terbiasa dengan komputer dan mempunyai bakat membaca cepat dan didukung koneksi internet yang lumayan, anda bisa menyimpan seratus file yang relevan hanya dalam waktu lima sampai sepuluh menit saja. Waktu selebihnya dapat digunakan untuk mempelajari file-file yang anda simpan dan lalu mulai merangkai makalah. Yang perlu anda karang hanya Pendahuluan dan Kesimpulan saja, bahan-bahan lain untuk makalah anda biasanya tersedia dalam file-file tersebut. Jangan lupa sertakan footnote dan daftar pustakanya.

Sedikit cerita, dulu waktu bahan makalah saya ketinggalan di rumah dan ternyata harus presentasi mendadak karena menggantikan mahasiswa yang seharusnya presentasi di hari itu yang tidak hadir, saya pergi ke warnet dan membuat makalah instant dari nol hanya dalam waktu 2 jam saja dengan trik di atas dan alhamdu lillah nilainya A.🙂.

Ingat! Bagaimanapun menyusun makalah dari buku yang anda cari sendiri akan jauh lebih baik bagi kemampuan anda ke depannya daripada sekedar copy paste dari internet.

Karya Asli Abdul Wahab

Perihal Abdul Wahab
Lecturer, Writer and Chief of Aswaja Center Jember.

One Response to Tips membuat makalah instant dari internet

  1. alan mengatakan:

    eeh aku itu maunya membuat makalah tentang akses internet yang udah di rangkum ngerti?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s