Petunjuk Maktabah Syamilah

Halaman ini berisi petunjuk pengoperasian dasar Maktabah Syamilah/Shamela library/Maktabah Shamela Versi 3.

Sebelumnya, karena Maktabah Syamilah merupakan software yang sepenuhnya menggunakan bahasa Arab, maka saya asumsikan bahwa penggunanya adalah orang yang mempunyai kemampuan bahasa Arab dengan cukup baik. Karena itu, petunjuk yang akan saya sediakan di sini bukanlah petunjuk yang 100% lengkap, melainkan cukup dasar pengoperasiannya saja hingga batas yang dirasa cukup untuk melakukan tugas-tugas penting dengan Aplikasi Maktabah Syamilah. Sisanya silakan baca sendiri panduannya.

Berikut ini adalah tampilan awal Maktabah Syamilah:

Berikut ini adalah keterangan masing-masing tombol yang terdapat dalam toolbar Maktabah Syamilah tersebut. Dimulai dari paling kanan hingga ke kiri:

Membuka daftar kitab yang tersedia dalam Maktabah Syamilah Anda. Bisa juga diakses dengan cara mengklik gambar muka Maktabah Syamilah. Di bagian bawah tersedia kotak pencarian nama judul kitab.

Membuka kitab dalam versi penuh. Sebuah kitab biasanya ditampilkan dalam versi mini  (muncul dalam layar yang agak sempit karena adanya menu-menu lain) tatkala ditampilkan dari menu hasil pencarian atau kitab tafsir yang ditampilkan dari pilihan ayat al-Qur’an. Ketika itu terjadi, tombol ini dapat membuat kitab tersebut ditampilkan dalam versi penuh seolah dibuka dari daftar kitab secara langsung.

Membuka dan menutup daftar indeks sebuah kitab yang sedang dibuka.

Menutup sebuah kitab/layar yang aktif.

Melakukan pencarian kata tertentu dari halaman yang sedang aktif/terbuka.

Pencarian kata tertentu dalam al-Qur’an (Caranya akan dibahas di bawah).

Catatan: Bila tombol ini ditekan ketika sebuah kitab sedang terbuka, maka akan berubah menjadi panel pencarian kata dalam kitab yang aktif tersebut. Saya tidak menyarankan untuk mencari kata dari suatu kitab dengan tombol ini karena hasil pencarian tidak akan tampil dalam daftar, melainkan dikunjungi satu-persatu hingga tidak efisien.

Pencarian kata kunci tertentu dari koleksi kitab Maktabah Syamilah (Caranya akan dibahas di bawah).

Membuka hasil pencarian terakhir. Bila sebelumnya anda melakukan pencarian kata kunci tertentu, maka tombol ini berfungsi menampilkan hasil pencarian tersebut tatkala Maktabah Syamilah dihidupkan ulang.

Menampilkan daftar hasil pencarian yang tersimpan.

Navigasi halaman. Dari kanan ke kiri adalah: halaman pertama, halaman berikutnya, halaman sebelumnya, halaman terakhir.

Membuka panel al-Qur’an. Dari panel tersebut anda dapat membaca al-Qur’an pada bagian yang anda inginkan. Di panel bagian atas terdapat daftar kitab tafsir yang terinstal dalam koleksi Maktabah Syamilah anda. Ketika membuka suatu ayat tertentu kemudian salah satu judul kitab tafsir tersebut diklik, maka akan tampil tafsir ayat yang dimaksud dalam tafsir tersebut dalam versi tampilan mini.

Menampilkan takhrij hadith. Hanya berlaku bagi kitab yang didownload dari situs resminya dan telah di link ke kitab syarahnya.

Menampilkan versi pdf dari kitab yang sedang dibuka. Hanya berlaku bagi kitab yang didownload dari situs resminya dan telah di link ke file versi pdf-nya.

Membuka panel profil. Bila anda memblok suatu nama yang ada dalam sanad hadith kemudian anda mengklik tombol ini, maka akan muncul profil nama tersebut dengan lengkap beserta komentar para ahli takhrij tentangnya.

Impor kitab ke dalam koleksi Maktabah Syamilah. Digunakan untuk mengintegrasikan kitab baru yang didapat dari teman atau didownload dari internet ke dalam Maktabah Syamilah. (Caranya dijelaskan di bawah).

Menulis tahrir (koreksi).

Membuka panel Ghurfat al-Tahakkum yang memungkinkan anda mengatur konten Maktabah Syamilah, semisal menghapus kitab, merubah kategori dan pengaturan lain-lain.

Membuka panel pengarang. Untuk mengakses data para penulis kitab yang ada dalam koleksi Maktabah Syamilah.

Copy dan Paste. Untuk mengcopy teks tertentu, gunakan tombol ini agar rujukannya disertakan dalam teks yang di-copy.

Ekspor kitab. Digunakan untuk meng-ekstrak kitab yang menjadi koleksi Maktabah Syamilah ke dalam format lain untuk dibagikan atau dicetak. Format yang didukung antara lain: .bok,  .txt, .doc dan .pdf. (Caranya dijelaskan di bawah).

Kartu pustaka. Untuk menampilkan data kitab yang terpilih/terbuka yang meliputi informasi pengarang, jumlah jilid, penerbit, tahun penerbitan dan keterangan lain seperti cocok tidaknya kitab tersebut dengan versi aslinya/versi cetaknya. Informasi seperti ini penting bagi anda yang berniat menjadikan Maktabah Syamilah sebagai referensi karya ilmiah. Untuk standart ilmiah, sebaiknya pilih kitab yang penyusunan halamannya sesuai dengan versi cetak (muwafiq lil mathbu‘).

  Live update. Digunakan untuk mengupdate koleksi kitab Maktabah Syamilah dari situs resminya. Vitur ini hanya tersedia di versi 3 yang terkoneksi dengan internet. Ketika diaktifkan, akan muncul pilihan kitab-kitab baru yang belum ada dalam koleksi Anda. Tandai/centang kitab yang hendak didownload.

Ket: Bila ada kitab yang tidak dicentang/tidak mau didownload, maka akan muncul pertanyaan yang kurang lebih isinya: “Anda memutuskan untuk tidak memilih beberapa kitab, apakah anda akan memasukkan kitab tersebut ke dalam daftar kitab yang diabaikan?” Tekan Na’am bila anda tidak mau memunculkan kitab yang diabaikan itu dalam daftar update berikutnya dan tekan La bila anda masih berniat mendownload kitab tersebut di waktu mendatang.

Setting Maktabah Syamilah. Berisi berbagai pengaturan seperti pemilihan font, warna font, warna layar, gambar latar belakang dan lain-lain.

BEBERAPA PETUNJUK PENGOPERASIAN PENTING

Cara melakukan pencarian ayat:

Klik tombol pencarian ayat lalu akan muncul panel seperti berikut:

Tulis kata kunci yang hendak dicari dalam kotak yang tersedia. Kelima kotak tersebut berfungsi sebagai pilihan kata kunci. Dalam mode pencarian “و ” yang artinya “dan” berarti cari kata/kalimat dalam kotak pertama dan kotak kedua dan seterusnya. Contoh: Bila hendak mencari ayat yang berisi kata “Allah” dan “Sami’an”, maka kotak pertama diisi dengan kata “Allah” dan kotak kedua dengan kata “Sami’an”. Dalam mode pencarian “او ” yang artinya “atau” berarti cari kata/kalimat yang terdapat dalam kotak pertama atau kotak kedua dan seterusnya.

Untuk melakukan pencarian, klik tombol بحث /cari.

Cara melakukan pencarian kata kunci tertentu dalam koleksi Maktabah Syamilah.

Ini adalah keuntungan paling besar dari memiliki Maktabah Syamilah, yaitu kemampuannya untuk mencari kata kunci tertentu seperti di Google guna menemukan teks kitab yang membahas kata kunci tersebut. Berbagai masalah rumit yang biasanya butuh dilacak berhari-hari bahkan berbulan-bulan dengan cara manual dapat dilakukan dalam hitungan menit karena referensi pembahasan yang diinginkan cepat didapat. Caranya sebagai berikut:

Pertama, klik tombol بحث /cari dari toolbar seperti yang dijelaskan di bagian atas. Lalu akan tampil panel pencarian seperti berikut:

Langkah kedua adalah penulisan kata kunci. Caranya sama persis dengan pencarian pencarian ayat.

Selanjutnya pilih kategori kitab pencarian di bagian tengah. Biasanya tidak diperlukan mencari text di seluruh Maktabah Syamilah karena selain memakan waktu, juga percuma karena tidak akan nyambung. Jadi, bila anda hendak mencari keterangan di bidang hadith, maka cukup melakukan pencarian di kategori hadith (Kutub al-Mutun) dan Syuruh al-hadith saja atau kategori lain yang dirasa pas, tidak seluruh kategori.

Selanjutnya pilih judul kitabnya yang menurut anda memuat kata kunci tersebut.

Perhatikan masing-masing keterangan yang ada di gambar tersebut di atas. Apabila sudah siap semua barulah tekan tombol بحث / cari untuk memulai pencarian. Hasil pencarian akan muncul pada jendela pencarian dalam versi tampilan mini.

Cara melakukan Impor Kitab mengintegrasikan sebuah kitab ke dalam Maktabah Syamilah.

Bila anda punya kitab baru yang didapat dari teman atau dari internet, maka mungkin anda tertarik untuk mengintegrasikan kitab baru tersebut ke dalam koleksi Maktabah Syamilah agar lebih mudah digunakan. Kitab yang berbentuk e-book biasanya berupa file yang bereksistensi .bok, tapi anda juga dapat mengintegrasikan file bereksistensi .doc atau .txt hanya saja biasanya penyusunannya agak kurang enak dibaca. File-file e-book kitab .bok tersedia cukup banyak di internet. Bagi yang belum tahu lokasinya silakan baca ini dan kunjungi pula kitab-kitab yang saya sarankan untuk dikoleksi di sini.

Cara melakukan impor adalah dengan mengklik tombol impor kitab seperti yang telah dijelaskan di bagian atas. Lalu akan tampil tampilan seperti ini:

Perhatikan keterangan yang ada dalam gambar tersebut. Seret kitab yang akan ditambahkan ke panel bagian bawah dan tentukan kategori peletakannya dalam Maktabah Syamilah. Setelah semua siap, klik Impor.

Cara melakukan ekspor kitab.

Bila hendak membagikan sebuah kitab pada orang lain, atau hendak membawa versi portablenya karena membawa seluruh Maktabah cukup memakai ruang penyimpanan atau hendak mencetak kitab tertentu, maka anda harus mengekspor kitab tersebut lebih dahulu. Caranya klik tombol ekspor kitab (seperti yang dijelaskan di bagian atas) lalu akan muncul tampilan seperti ini:

Perhatikan keterangan dalam gambar di atas. Pindahkan kitab yang ada di bagian kanan ke bagian kiri.  Di bagian atas panel terdapat tiga pilihan yang masing-masing dari kanan ke kiri adalah: Pilih Kitab yang akan diekspor (seperti dalam gambar) dan di bagian tengah adalah pilihan untuk menentukan lokasi ekspor. Di bagian paling kiri adalah opsi ekspor yang memungkinkan anda untuk mengubah setting default ekspor.

Ketika semua siap, tekan tombol Ekspor. Kitab-kitab yang ada di bagian kiri (bagian daftar ekspor) akan diekspor dalam beberapa format.

Saya cukupkan petunjuk pengoperasian Maktabah Syamilah sampai di sini saja. Sisanya dapat anda baca sendiri manualnya di bagian مساعدة/help atau ajukan pertanyaan pada saya via komentar. Insya Allah akan saya jawab.

Semoga bermanfaat.

Karya Asli Abdul Wahab

54 Responses to Petunjuk Maktabah Syamilah

  1. Johna645 mengatakan:

    Fantastic website. A lot of useful information here. I’m sending it to a few pals ans also sharing in delicious. And naturally, thank you in your sweat! agebdbfccfba

  2. Ichsan mengatakan:

    Mau tanya yang sangat mendasar, saya sudah dowload, hasil akhirnya berupa gambar CD burning, terus agar bisa difungsikan apakah harus diburning dulu? terimakasih

  3. Dery Angga Permana mengatakan:

    Assalamu ‘alaikum. maaf pa bagaimana untuk mengubah backgroun pada maktabah syamilah? sukron.,

  4. wahyu mengatakan:

    afwan akhi, setelah menginstall kamus milik kang asep hibban kok tampilan syamilah ana jadi aneh, ada garis dibawah huruf seperti garis di buku tulis, malah ketika membuka kitab dari tafsir garisnya ada ditengah, mengganggu banget. entah apa karena kamus atau salah pengaturan aja. mohon di bantu buat yang tau.
    email aja ana di wahyu.saad7@gmail.com

    • wahyu mengatakan:

      note : di layar pengaturannya (ctrl + O), kayanya gak ada pengaturan buat garis, yang ada cuma buat ngatur huruf saja

    • Abdul Wahab mengatakan:

      Wah kasus aneh ini, sya blm pernah dengar. coba diuninstal dlu kamusnya untuk meyakinkan klau mmang itu penyebabnya

      • wahyu mengatakan:

        ana make windows 8
        sudah di uninstall kamus sama syamilahnya trus dijalanin CCleaner, restart, terus instal syamilahnya lagi masih tetap garis-garis.
        ini terjadi pas kemarin mau pasang kamus v.3 ntu, aplikasi kamusnya pertama gak bisa dibuka, error 439 kalo gak salah, trus difix berhasil di buka, tapi masih belum bisa sinkron ke syamilah, ocx gak kedetect kalau gak salah juga. trus googling cari- cari tutornya gak ada yang berhasil, akhirnya nyerah ya jadi buka kamusnya mesti manual, copy katanya baru masuk aplikasinya. pas mau buka syamilahnya lagi baru nyadar ada yang gak beres, ada garis dibawah huruf yang parah tu di beberapa tempat kaya buka tafsir dari alquran, hasil pencarian atau di layar biografi pengarang garis nya jadi ditengah, =( jadi gak nyaman banget dibaca kaya baca buku habis dicoret-coretin.

        saya gak tau nih cara nampilin screenshootnya disini gimana

      • Abdul Wahab mengatakan:

        Ooh critanya mau mengintegrasikan kamus sama syamilah? gk bisa mas, gk support. saya sih pakenya manual sendiri. ya mgkin mas perlu uninstall lgi keduanya kayak tadi lalu tdk perlu nyoba apapun. kalau perlu pake system restore, yg penting syamilahnya normal, kamus blakangan.

      • wahyu mengatakan:

        alhamdulillah, problem solved, mas.
        ternyata cuman font traditional arabicnya aja yang corrupt, pas di ubah ke font lain udah normal. mungkin pas instal kamus fontnya bentrokan.
        eh, kalau mengatur marginnya gimana ya, tampilan default syamilah saya tu terlalu kepinggir, hampir setengah huruf- huruf di tiap barisnya tertutup garis yang buat naik- nurunin halaman.
        ma’af banyak nanya maklum lah, ana baru punya latptop jadi jadi masih awam banget masalah beginian

  5. Umar mengatakan:

    Assalamu Alaikum! cara bookmark di maktabah syamilah gimana akhi? Syukran sebelumnya!

  6. Ping-balik: Perbarui Maktabah Syamilah Anda | Situsnya Abdul Wahab

  7. Singgih mengatakan:

    asalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh…

    sukron atas penjelasannya..
    ane mO nanya nih.. abis menjalankan aplikasnya.. semua bahasanya ko Arab semua..
    bisa gak ditambahin.. biar bisa tertranslate menjadi bahasa Indonesia.????

  8. asharul mengatakan:

    assalamu’alaikum,,
    mau tanya..
    kitab maktabah syamilah saya awalnya pada list kitab itu terlihat arabic,, namun yang isinya unicode,,
    setelah mengkuti petunjuk setting unicode,,
    untuk isinya dan tampilannya sudah berubah arabic namun kog yang list kitabnya ganti tulisan unicode itu bagaimana ya??

  9. faiqoh mengatakan:

    assalamualaikum wr wb.saya ingin bertanya bagaimana caranya agar terdapat aplikasi kamus di maktabah syamilah ,karena saya pernah melihat tutorial ada aplikasi kamus didalam maktabah syamilah ,tapi di maktbah symilah saya tidak ada .terimakasih .

  10. welove2Lose.ning.com mengatakan:

    Generally the flex belt is a belt you strap on around your waist and
    three especially placed pads are what aid contract your abs.

  11. farabiazzam mengatakan:

    afwan bagaimana cara mengetahui apakah kitab impor sdh msuk atau blm???

  12. Cahaya Hati mengatakan:

    maaf Mau tanya Gimana caranya buka file .bok yang ada di maktabah syamilah ??? . . .. . .

    Karena saya hanya men download sebagian kitab” nya … ???

  13. villa mengatakan:

    maaf Mau tanya Gimana caranya buka file .bok yang ada di maktabah syamilah ??? . . .. . .

    Karena saya hanya men download sebagian kitab” nya … ???

  14. Al-Mar'ah As-Sholihah mengatakan:

    Pak, maktabah syamilah di laptop saya tulisannya yunani.. Bagaimana ini pak? Apa karena kurang programnya atau instalnya…??
    Syukran..

    • Abdul Wahab mengatakan:

      setting non-unicodenya belum diset ke arabic

      http://situswahab.wordpress.com

      ________________________________

  15. Al-Mar'ah As-Sholihah mengatakan:

    Pak, knapa mktbah syamilah di lptop sya tulisannya tunani??

    • Abdul Wahab mengatakan:

      itu karena laptom anda belum diset program non-unicode nya. tempat settingnya ada di kontrol panel bagian Regional and language. cari petunjuk settingnya di google. pakai kata kunci “setting non-unicode arabic windows …” atau sebagainya.

      http://situswahab.wordpress.com

      ________________________________

  16. fajar mengatakan:

    maaf ust, kalo upgrade syamilah apa harus berurutan, maksudnya apakah kalo saya upgrade langsung ke versi 348 bisa? tanpa upgrade versi versi sebelumnya?

  17. munandar mengatakan:

    Bagiamana langkah tahrij hadis dalam maktabah syamilah pak,karna saya terbiasa memakai maktabah mausu’ah jd sedikit bingung mencari langkah tahrij ketika di maktabah syamilah khusunya dalam mencari jarh wa ta’dilnya, guru dan murid, biografi perawi dan lainnya,,mhn di jelaskan pak? syukron.

    • Abdul Wahab mengatakan:

      caranya harus manual. dicari nama profil perowi satu satu. blok nama satu perowinya lalu klik tombol “tarjamah”. setelah itu akan muncul data perowinya, statusnya, guru dan muridnya.

      cara yang lebih mudah, langsung saja lacak hadisnya di kitab2 syarah, zawa’id dan kritik hadis. kebanyakan langsung muncul hasilnya.

  18. Musthalih mengatakan:

    Assalamualaikum. pak mau tanya ni. maktabah shamela punya ane kok bahasanya . kyak kode gitu. bahasa arabnya berubah jd kode2. dan gak cuma di maktabah shamela aja. tp di aplikasi lain juga. d IDM, Kamus Arab-indonesia. pokoknya aplikasi yang pake bahsa arab. Minta tolong bantuannya Syukron..

    Jawabannya di kirimkan k Sini saja pak i_true@muslim.com ,

    • Abdul Wahab mengatakan:

      Wa’alaikum salam. itu karena windowsnya belum disetel Arab dalam setelan unicode-nya. cari control panel bagian regional setting. lebih rincinya tanya mbah google saja ya.

      • Musthalih mengatakan:

        syukron. Infonya pak.. salam kenal

  19. Abu yasir mengatakan:

    bagaimana cara merubah font di maktabah syamilah? syukron…..

  20. Abu yasir mengatakan:

    Setelah ane meng-update maktbh v.03 kok fonts nya brubah ya, trus ada garis-garis ditengah huruf , bgmana merubahnya ke traditional arabic sprti semula. barokallohu fiikum.

    • Abdul Wahab mengatakan:

      1. tekan Ctrl+O atau klik Syasyat>Khidmat untuk pergi ke panel setting.
      2. Klik tab Khutut wa alwan
      3. silakan ubah font bagian apa yang hendak diubah di bagian khutut, apa bagian nushush (teks), hawamisy (catatan kaki) dan lain-lain. Klik kotak kecil di sebelah opsi-opsi khat (font).

      Semoga bermanfaat.

      • yahi mengatakan:

        aslmkum… syamilah ane udah ane rubah fontx dan alhamdllh berhasil… tp stelah ane tutup kok balik lagi sprti smula… gmn carax bisa permanen ya…?

      • Abdul Wahab mengatakan:

        saya belum pernah mengalami itu, tapi sepertinya ada masalah dengan instalasinya karena setting syamilah harusnya tersimpan di sebuah file di folder instalasi. instal ulang saja. (atau jangan2 agan langsung jalankan program hasil copy-an tanpa instalasi ya?)

  21. Abu yasir mengatakan:

    setelah ane meng-update maktbh font maktabah ana brubah gmana merubahnya ke traditional arabic? syukron jazakallohu khoiron

  22. debusemesta mengatakan:

    Subhanallaah….situs antum mencerahkan sekali..baarakallaahu fiek.

  23. Aria mengatakan:

    asslmkm, mas ada ga translator arab yang instan buat saya yang kurang bisa bahasa arab/tidak bisa bahasa arab, boleh dong di bagi, saya ingin sekali belajar agama dari sumber2 terpercaya mohon bantuanya dari teman-teman

    • Abdul Wahab mengatakan:

      wa’alaikum salam.
      Ada, tapi saya tidak merekomendasikan satu pun karena biasanya hasilnya sangat kacau. Yang terbaik setahu saya adalah google translate, tapi itu pun masih kacau alias seringkali tak bisa dimengerti.

      Bahasa Arab punya karakteristik yang unik dan komplek, satu-satunya penerjemahan yang bisa diandalkan hanyalah manual kata-perkata.

  24. luthfi mengatakan:

    salam ta’dzim…..
    ana mo tanya ne…
    kan ana dah install maktabah shamela kedalam komputer, mohon informasinya mengenai cara merubah bahasanya sebab bahasa yang ada di maktabah shamela itu entah bahasa apa. ana juga ga tahu.(bukan bahasa kitabnya)
    syukran jaziiilan…

    • Abdul Wahab mengatakan:

      bahasa simbol sepertinya. itu biasanya karena font arab belum terinstal atau tidak terinstal secara sempurna di komputer anda.
      bisa juga fontnya sudah terinstall sempurna, tapi setting program Non unicode-nya tidak disetting ke Arabic. Letak settingnya ada di control panel> Regional and language>

      Cari bagian “The language version of the non-Unicode program”. Letaknya opsi itu beda-beda tergantung sistem operasinya. silakan cari di google dengan kata kunci tersebut ditambah nama sistem operesi anda.

      semoga bermanfaat.

  25. harith malizi mengatakan:

    assalamualaikum, boleh tunjukkan saya bagaimana hendak mengetahui status hadith hasil carian kita?

    • Abdul Wahab mengatakan:

      wa’alaikum salam. ada beberapa cara sebagai berikut:
      1. Cari hadith tersebut di berbagai kitab syarah/komentar, biasanya ada keterangan tarjihnya di sana. Kalau hadithnya bermuatan hukum, maka cari juga di kitab-kitab Fikih yang gede setingkat hashiyah atau minimal syarah.
      2. Cari di kitab hadith yang ada ta’liqnya. Ini cara instan. Biasanya banyak kitab yang sudah dita’liq oleh para komentator ternama seperti al-’Iraqi, al-Zahabi dan lain-lain atau oleh komentator kontemporer seperti Shu’aib al-Arna’ut dan al-Albani. (Kalau hendak dipakai untuk karya ilmiah, saya kurang merekomendasikan ta’liqnya komentator kontemporer karena kadang agak problematik. :-) )
      3. Selidiki manual tiap jalur sanadnya. Ini cara paling ribet dan paling sulit karena harus menguasai betul ulum al-hadith dan mustolahnya tapi kalau sudah dilakukan dengan benar dan teliti maka hasilnya bisa disamakan dengan jarh ta’dilnya al-Albani, bahkan mungkin lebih valid, hehehe… :-) Untuk memudahkan pelacakan identitas rawi, gunakan fitur Tarjamah (profil).
      4. Tanya pak Kyai/ustadz saja… hahahaha….. (tapi pilih-pilih dulu. hahaha)

      semoga bermanfaat.

      • harith malizi mengatakan:

        syukran :) mahu saya bertanya soalan di luar topik maktabah syamilah tetapi ada kaitan dengan soalan saya. Saya dapati website arab dorar.net amat bagus dalam bab2 carian penilaian status hadith, setakat yang saya cari di dunia internet ini. Saya nak tanya pendapat akhi berkenaan website ini, ada kelemahan atau kekurangan yang akhi tahu tentang website2 sebegini?

      • Abdul Wahab mengatakan:

        Saya sudah membaca dan sedikit meneliti dorar.net yang akhi rujuk (tidak semua sampai tuntas, tapi garis besarnya saja). Website itu beraliran Ahlus Sunnah ala Wahhabiyah yang memang gemar meneliti tentang hadith. Secara umum menurut saya tarjih mereka bagus, tapi tentu lebih baik kalau diteliti kembali secara menyeluruh menggunakan Maktabah Syamilah sebagai perbandingan, terutama dalam hal-hal yang menyangkut akidah dan beberapa masalah fiqhiyah yang sering mereka anggap sesat. Sudah maklum bahwa dalam hal-hal ini biasanya mereka mushaddid fi al-tad’if (keras melemahkan) pada hadith dan athar yang bertentangan dengan mazhab mereka meskipun tidak semua ahli hadith melemahkannya.

        Sudah maklum dalam ulum al-hadith bahwa jika ada ulama ahl al-hadith wa ahl al-tarjih berbeda pendapat tentang kredibilitas seorang rawi maka ada dua pendapat yang berbeda antara quddima al-ta’dil (didahulukan yang menganggap adil) dan quddima al-Jarh
        (didahulukan yang melemahkan). Setahu saya dalam hal ini golongan Wahhabiyah selalu yuqaddimuuna al-jarh sehingga sering melemahkan hasil tarjih golongan lain di luar mereka.

        Khusus Dorar.net, saya rasa database hadith mereka masih belum lengkap karena saya coba mencari beberapa hadith tapi tidak menemukan apa yang saya cari. Entah kalau website lain saya belum bisa memastikan.

      • harith malizi mengatakan:

        syukran diatas ulasan awak ya akhi :) saya pon ada rasa kecenderungan website tersebut dalam mengeluarkan tahkrih kitab2 albani dan benbazz. saya juga perasan kadangkala ada hadith2 yang tidak dapat dicari dalam website tersebut, mungkin kerana tidak uptodate database nya. Apa2 pon, disebabkan kekurangannya sumber rujukan takhrij hadith2 didalam bahasa melayu/indonesia, saya rasa website ni lebih cepat dan mudah untuk mendapat gambaran awal tentang status sesuatu hadith. tentang kecenderungan penilaian hadith salafi wahabiyah, tidak lah saya menilai dengan lebih detail kerana jujur, saya belum pernah lagi buat carian hadith2 berkenaan akidah atau masalah2 furu’ seperti tawasul dan sebagainya.
        p/s: anutan mazhab akidah saya lebih kepada assyairah wal maturidiah, harap2 tidak ada yang tersinggung dan men’jarh’kan saya pula ya..

      • Abdul Wahab mengatakan:

        afwan bikum ya akhi :-) saya pun Asyairah, kalau ada yang men-jarh-kan akhi biar saya bantu jawab. hahahaha….. :-D

        kalau ada waktu mungkin akhi Harith mau memulai membuat website rujukan hadith-hadith ala ahlussunnah al-asyairah wal maturidiyah dalam bahasa melayu/indonesia karena memang sangat kurang atau bahkan mungkin bisa dibilang belum ada website kita yang khusus menangani takhrij hadith. :-(

      • harith malizi mengatakan:

        InsyaAllah ya akhi, tp kemampuan saya berbahasa arab jauh sekali, pengajian ulum hadith baru saja dalam peringkat permulaan, ilmu belum cukup mantap dan mapan utk membuat satu situs khas carian hadith yang telus dan non partisan mana2 pahaman..doa2 kan saya ya mas:)

  26. muhammad mengatakan:

    terimakasih mas…!!

  27. muhammad mengatakan:

    saya mengupdate koleksi kitab via online, cuma saya terlanjur menekan na’am (dalam artian saya tidak mau memunculkan kitab yang diabaikan itu dalam daftar update berikutnya), bagaimana memunculkan kembali daftar kitab yang belum saya download??
    saya berniat mendownloadnya sekarang..!!

    [Ket: Bila ada kitab yang tidak dicentang/tidak mau didownload, maka akan muncul pertanyaan yang kurang lebih isinya: “Anda memutuskan untuk tidak memilih beberapa kitab, apakah anda akan memasukkan kitab tersebut ke dalam daftar kitab yang diabaikan?” Tekan Na’am bila anda tidak mau memunculkan kitab yang diabaikan itu dalam daftar update berikutnya dan tekan La bila anda masih berniat mendownload kitab tersebut di waktu mendatang.]

    • Abdul Wahab mengatakan:

      Pada menu atas ada yang berjudul tarqiyat hayah (real-update) klik itu dan dibawahnya pilih Qa’imat al-Tajahul (Panel pengabaian) lalu akan muncul panel pengabaian update yang anda maksud. hapus nama kitab yang anda kehendari dari daftar tersebut agar diikutkan kembali dalam real-update.

      Semoga bermanfaat dan terima kasih kunjungannya.

      • muhammad mengatakan:

        terimakasih mas… sangat membantu..

      • Abdul Wahab mengatakan:

        Semoga bermanfaat mas. Senang tahu tulisan ini membantu, moga jadi tambahan pahala buat kita semua. amin.

      • Abdul Wahab mengatakan:

        Semoga bermanfaat mas.

      • Abu yasir mengatakan:

        bagaimana cara merubah font kutub di maktabah syamilah,? syukron

      • Abdul Wahab mengatakan:

        sudah saya jawab di komentar sebelumnya. kuncinya pergi ke panel setting. tekan ctrl+o lalu lihat bagian khutut wa alwan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 822 pengikut lainnya.