Kitab

Halaman ini akan mengantarkan anda ke situs yang berisi kitab-kitab digital yang kesemuanya dapat Anda download secara gratis.

Ada banyak situs di Internet yang memungkinkan Anda untuk mendownload kitab, tapi tentunya anda masih harus mencari ke sana kemari hingga akhirnya sampai pada situs yang anda harapkan. Jadi, untuk mempermudah Anda, saya akan arahkan Anda ke situs-situs kitab yang lengkap, mudah, gratis dan tentunya memungkinkan untuk didownload (bukan hanya dibaca secara online).

Beberapa kitab yang tersedia dalam link di bawah ini berekstensi .bok yang berarti hanya dapat dibuka dengan Maktabah Syamilah.  Setelah didownload, Anda dapat mengintegerasikan kitab tersebut dalam Maktabah Syamilah Anda. Untuk petunjuk pengintegerasian, dapat dilihat di Petunjuk penggunaan Maktabah Syamilah.

Untuk sementara, saya hanya akan menunjukkan empat situ saja. Meskipun hanya 4, tapi saya yakin perlu waktu seumur hidup untuk membaca seluruh koleksi situs-situs di bawah ini :-) :

  1. Situs resmi Maktabah Syamilah. Situs ini berisi koleksi kitab resmi milik Maktabah Syamilah. Untuk berkunjung, silakan Klik di sini.
  2. Situs pengembang Maktabah Syamilah. Situs ini berisi banyak sekali kitab-kitab yang tidak ada dalam situs resminya. Kitab-kitab tersebut berasal dari para kolektor dan pembuat kitab digital (bereksistensi .bok, .doc .pdf dan.djvu) dari seluruh dunia, khususnya Timur Tengah. Mereka rela menyalin kitab-kitab ke format digital dalam rangka waqaf karena Allah Ta’ala. Untuk berkunjung, silakan kunjungi alMeshkat.net.
  3. Situs kitab Scan-an. Situs ini menyediakan banyak koleksi seperti situs Maktabah Syamilah, tapi dalam bentuk .pdf atau.djvu dari hasil scan. Seluruh kitabnya terlihat persis sama dengan bentuk kertasnya (hard copy). Ini memudahkan anda untuk merujuk dan mencocokkan dengan aslinya untuk kepentingan akademik, tapi tentu saja sulit untuk menemukan teks tertentu dengan cepat karena harus dibaca manual halaman per halaman seperti aslinya. Ukurannya pun lumayan gede karena tidak berbasis text, tapi gambar. Untuk berkunjung, silakan ke almaknaz.com atau waqfeya.com

Bila saya nantinya menemukan situs kitab baru yang isinya lengkap seperti di atas, insya Allah saya sertakan link-nya untuk Anda. Anda dapat membantu saya memperbanyak link di halaman ini sebagai bagian dakwah dengan menyertakannya di komentar atau menghubungi saya lewat Contact Me.

Terima kasih.

———

Terkait: Butuh kitab syair/nadham dalam format mp3? klik di sini.

Karya Asli Abdul Wahab

5 Responses to Kitab

  1. Muhammad Asaat mengatakan:

    Adakah saya bisa mendapatkan kubut tis’ah terjemahan dalam bahasa indonesia, sebab saya tidak dapat membaca dan mengerti dalam bahasa kitab kuning secara gratis

  2. Aria mengatakan:

    asslmkm, mas ada ga translator arab yang instan buat saya yang kurang bisa bahasa arab

    • Abdul Wahab mengatakan:

      wa’alaikum salam.
      Ada, tapi saya tidak merekomendasikan satu pun karena biasanya hasilnya sangat kacau. Yang terbaik setahu saya adalah google translate, tapi itu pun masih kacau alias seringkali tak bisa dimengerti.

      Bahasa Arab punya karakteristik yang unik dan komplek, satu-satunya penerjemahan yang bisa diandalkan hanyalah manual kata-perkata.

      • m dian as mengatakan:

        gawat mas kalo pake translator, bisa-bisa salah dalam mengartikan, mending belajar nahwu sorof, tuk mengartikan kitabnya, tapi ya itu lama karema mesti belajar dulu

      • Abdul Wahab mengatakan:

        bener itu mang gak boleh pake translator. kalo pake kamus boleh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 813 pengikut lainnya.