Trik Cara membuka situs wap dengan PC, semisal situs waptrick.com, dengan menggunakan user agent Nokia


Ada beberapa situs yang hanya bisa diakses via HP, sebutlah  misalnya waptrick.com atau wapkid.com, sebuah situs wap populer tempat banyak game, aplikasi HP dan mp3  gratis bisa kamu peroleh. Situs-situs yang seperti ini sangat menyebalkan karena tidak mau dibuka dengan browser di komputer. Kalaupun dibuka dengan komputer yang muncul malah pesan yang sangat mengecewakan. Tapi tenang saja, saya punya trik jitu untuk mengatasinya.

Setelah google-google-an dalam waktu beberapa lama, akhirnya saya temukan berbagai cara/trik untuk membuka situs wap seperti itu. Yaitu:

  1. Pakai applikasi browser wap di komputer yang gratisan semisal Winwap. Ternyata cara ini agak menyebalkan juga karena beberapa aplikasi hanya bisa mengakses situs-situs tertentu seperti google dan facebook  tapi tidak bisa mengakses waptrick.com atau wapkid.com. Dalam pikiran saya, canggih juga ni situs.
  2. Pakai applikasi browser wap di komputer yang harus bayar, semisal Wap Proof. Applikasi seperti ini memang oke punya, tapi syarat harus bayar cukup menyebalkan bagi saya. Seandainya ada kode serial yang berfungsi, mungkin saya akan mengulas aplikasi wap proof ini. Tapi, cara ini bagi saya masih kurang oke karena , aplikasi ini tidak bisa dibuat untuk download aplikasi HP, kecuali dengan trik yang biar saja cukup saya yang tahu :-) hehehe… Tapi tenang, saya akan menunjukkan cara yang lebih oke untuk kamu.
  3. Pakai situs wap emulator. Wap emulator maksudnya situs yang memungkinkan anda untuk menampilkan situs wap melalui browser standar. Situs seperti ini banyak sekali, vitur yang dipunyai sangat beragam. Situs wap emulator favorit saya adalah ini karena tampilan browsernya bisa diklik dengan mouse. Tapi, cara ini bagi saya masih kurang oke karena selain harus bergantung pada situs tertentu (nggak bebas jadi diri sendiri), juga tidak bisa untuk download. Padahal ini tujuan utamanya.
  4. Pakai User Agent Switcher untuk Mozilla Firefox. User Agent Switcher ini adalah add-on (vitur tambahan) yang bisa membuat Mozilla Firefox bekerja seolah sebagai aplikasi lain, semisal sebagai iPhone, googlebot, internetExplorer dan banyak lainnya. Cara ini cukup oke karena jika kita berubah mode menjadi iPhone ternyata kita bisa mengakses situs wap apa saja seoleh browser kita adalah iPhone. Tapi, bagi saya cara ini masih kurang oke karena bila masuk pada situs-situs tempat download aplikasi semisal waptrick.com, maka yang muncul adalah aplikasi khusus iPhone saja. Bagi kamu pengguna iPhone tentu tidak masalah, tapi bagi pengguna hape yang agak jadul seperti saya :-( ini adalah trik yang percuma karena applikasinya tidak muat di layar. Untuk mendownload applikasi juga perlu trik lagi yang biarlah cukup saya yang tahu :-) hehehe… Tapi tenang saja dulu.
  5. Pakai tips dan trik dari saya di situswahab.wordpress.com. :-) Naaaahhhh… ini baru oke karena trik saya ini memungkinkan kamu-kamu sekalian untuk membuka situs wap apa saja dan download sepuasnya. Bagaimana tips-nya? ikuti saja langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah bikin komputer bisa membuka situs Wap manapun dan mendownload kontennya secara gratis:

  1. Buka Mozilla Firefox. Aplikasi lain belum bisa.
  2. Install User Agent Switcher. caranya, klik di sini dan klik Allow di pojok kanan atas browser untuk menginstall. Atau kalau tidak bisa, maka kunjungi alamat ini dan install secara manual dengan cara klik tombol Add to Firefox.
  3. Sesudah installasi anda dapat mengubah mode menjadi aplikasi lain dengan cara: Pada Firefox, klik Tools> User Agent Switcher atau Default User Agent lalu pilih iPhone. Maka browser kamu sekarang berperan seperti iPhone.
    Ehhh Maaf!, langkah nomer 3 ini adalah petunjuk buat tips nomor 4 yang di atas, bukan tips saya. Kalau tips saya langkahnya seperti ini:
  4. Pada Firefox, klik Tools> User Agent Switcher atau Default User Agent (terserah tulisan yang tampil yang mana) lalu pilih Edit User Agent.
  5. Klik New > New User Agent…
  6. Pada kolom Description, isilah dengan Abdul Wahab :-) hehehe… bercanda, isi dengan namamu atau nama tetanggamu juga boleh :-) kalau mau resmi, isi dengan Nokia 6670.
  7. Pada kolom isian User Agent, isilah seperti berikut, copy paste saja:
    Nokia6670/2.0 (6.0522.0) SymbianOS/7.0s Series60/2.1 Profile/MIDP-2.0 Configuration/CLDC-1.0
  8. Klik OK > OK dan terapkan user agent yang baru kamu buat dengan cara pada Firefox, klik Tools> User Agent Switcher atau Default User Agent lalu pilih user agent yang baru tadi yang namanya terserah kamu itu.

Sekarang Mozilla Firefox sudah berubah wujud jadi seperti HP yang setingkat dengan Nokia yang levelnya biasa (bukan layar sentuh)  seperti juga Samsung, Seimens, Sony Erricson dan lain-lain. Selamat browsing situs wap  lewat komputer!!!

Untuk user agent lain, berikut ini datanya:

Opera Mini 4.1 :
User agent  : Opera/9.50 (J2ME/MIDP; Opera Mini/4.1.10781/302; U; en)

Opera Mobile 9.33b:
User agent: Opera/9.0 (Microsoft Windows; PPC; Opera Mobile/331; U; en)

BlackBerry (BB 8800):
User agent: BlackBerry8800/4.5.0.9 Profile/MIDP-2.0 Configuration/CLDC-1.1 ?

coba tes user agent kamu di http://whatsmyuseragent.com, jika langkahmu sudah benar, maka browsermu tidak akan terdeteksi sebagai firefox lagi. Untuk mengembalikannya lagi, tinggal pilih “default user agent” di Tools.

Untuk mendownload aplikasi, maka ada trik tambahan (ini trik yang cukup saya saja yang tahu itu :-) peace!). Ketika kita menekan download pada situs wap, biasanya yang didownload bukan aplikasinya yang ekstensinya .jar, tapi justru file .jad. Cara merubah .jad menjadi .jar sebenarnya cukup sederhana, yaitu:

  • Ketika muncul kotak dialog pada Firefox yang lagi kebingungan file .jad itu mau diapakan,  maka klik save lalu buka file .jad itu dengan notepad yang sudah bawaan windows. Atau bisa juga kamu pilih open with… lalu pilih Notepad.
  • Lihat isi file .jad itu. Di dalamnya pasti ada alamat situs internet yang dimulai dengan: http//isinya tergantung file kamu .jar. Copy alamat itu hingga akhir (dari kata http hingga tulisan .jar) lalu tempel di address browser firefox lalu enter.
  • Jreng jreng jreng…. sekarang yang keluar adalah kotak dialog download .jar yang memang mau kamu download itu. Simpan file .jar itu lalu transfer ke HP-mu.

SEMOGA BERMANFAAT DAN SELAMAT DOWNLOAD!

Catatan super penting: Saya sangat tidak menyarankan anak-anak membuka waptrick.com tanpa pengawasan orang tua karena sebagian kontennya yang bisa membuat anda masuk neraka itu. Untuk anda yang ingin menjelajah aman di waptrick, atau ingin ngasih tahu situp wap bagus ke anak-anak, maka kunjungi wapkid.com, bukan waptrick.com!!!

Karya Asli Abdul Wahab

About these ads

Perihal Abdul Wahab
wong Jember. Lecturer, Writer and Chief of Aswaja Center Jember.

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 818 pengikut lainnya.